Nah Loh! WH Akui Salah Prosedur Umumkan Warga Korban Corona

oleh

SERANG;LENSAMETRO— Gubernur Banten Wahidin Halim angkat bicara pasca pengumuman 4 warga Banten terjangkit corona atau covid-19.

Gubernur Banten saat ditemui di Rumah Dinasnya oleh awak media di Kota Serang, Jumat (13/3/2020) mengakui kesalahan prosedural terkait pengumuman empat warganya positif virus corona pandemi. Pengumuman itu menurutnya didorong atas dasar pertanyaan warga.

“Di sisi prosedural atau protap (prosedur tetap), saya akui saya mendahului protokol yang ditunjuk Kementerian Kesehatan,” ujar pria yang biasa disapa WH ini.

Sebenarnya, lanjut WH, gubernur memiliki peran terkait penanganan virus Corona pandemi di daerah. Hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 155, Pemerintah Daerah aktif mengumumkan ke masyarakat daerah-daerah mana saja yang menjadi sumber penularan penyakit.

“Langkah saya merupakan amanah undang-undang sekaligus untuk mencegah kesimpangsiuran informasi di tengah derasnya arus informasi melalui media sosial,” jelas Gubernur WH.

Papar WH, informasi 4 warga yang terjangkit corona juga datang dari sumber yang terpercaya. Hanya saja, ia mengakui bahwa tidak menyampaikan hal ini terlebih dahulu ke protokol resmi pemerintah.

“Mungkin yang dianggap kekeliruan, saya menyampaikan ke publik saya tidak menyampaikan terlebih dahulu ke protokol. Kita menghormati protokoler itu dan juga kekhawatiran berkaitan dengan dampak jadi pertimbangan kita,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes sekaligus Juru Bicara (Jubir) Penanganan Wabah virus corona, Achmad Yurianto menilai Gubernur Banten salah kaprah dalam pola komunikasi penanganan virus corona.

Menurutnya, kepala daerah tidak mempublikasikan jumlah penderita virus corona atau covid-19.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim  viral dengan videonya yang berdurasi sekitar 2 menit itu.

Video itupun menyebar ke berbagai grup di Media Sosial (Medsos). Bahkan Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati juga mengunggah video WH melalui Medsos faceebook miliknya dengan nama akun. Caknawa

“Sangat disayangkan Pak Gubernur tidak menyebutkan, 4 warga Banten itu tinggal di daerah mana?” kicau Nawa lengkap dengan video WH.

Politisi Demokrat ini apresiasi atas langkah Gubernur Banten terkait informasi yang disampaikan agar warga waspada.

Facebook Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati

“Pak Gubernur menyampaikan apa yang terjadi di wilayahnya, menghimbau warga masyarakat untuk waspada. menurut ku ini adalah sesuatu yang baik dan patut diapresiasi. Lha kok pada bicara lain yah?” imbuhnya menjawab salah satu komentar netizen.

Sampai saat ini, video yang diunggah akun Caknawa pada 21.51 wib tadi malam sudah 268 kali tayang dengan 31 komentar. (dra/joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.