Giliran WH Tak Terima Anak Buahnya Dikatain Andra Soni ‘Gagap Bencana’

oleh

SERANG;LENSAMETRO— Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) tidak terima dengan pernyataan ketua DPRD Banten Andra Soni yang menyebut Dinas BPBD Pemprov Banten Gagap Bencana.

“Bilangin. Jangan bilang gagap, gagap! Orang sama dia keliling kok. Pemprov sejak hari pertama sudah siap siaga, dan hadir dengan para korban,” ujar WH dengan suara meninggi seusai membuka musyawarah besar FSPP di Pendopo Gubernur, KP3B, Kota Serang, Kamis, 9 Januari 2020.

Gubernur Banten menjelaskan, pendataan jumlah korban dan total kerugian yang dialami akibat banjir tidak dapat dilakukan dalam waktu satu hari. Karena, jumlah korban dan kerugian terus berubah sehingga perlu dilakukan verifikasi secara terus menerus.

“Dimana-mana evakuasi itu tidak akan selesai dalam satu hari, terus validitasi data korban. Mana ada kejadian bencana selesai satu hari. Belum apa-apa ini udah bilang gagap-gagap,” ujarnya dengan nada masih tinggi.

Gubernur juga membantah, saat disinggung tidak maksimalnya kinerja Kepala BPBD Banten Kusmayadi yang saat ini masih berstatus sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Karena, prosedur utama penanganan bencana dilakukan langsung di lokasi kejadian pada hari pertama terjadi.

“Nggak ada alasan itu, orang langsung ke lapangan kok, bahkan saya langsung instruksi dan pimpin sendiri,” tegasnya lagi.

Sejak hari pertama kejadian, lanjut Gubernur, pihaknya sudah terjun langsung ke lapangan dan instruksi OPD membuat posko-posko.

“Penanganan Bencana dari proses evakuasi, mendistribusikan bantuan logistik kepada korban bencana di Lebak. Termasuk, menyisir lokasi-lokasi yang terdampak bencana dengan kondisi medan yang berbeda-beda, bahkan akses terputus dan ada daerah yang terisolir. Itu prioritas,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya Ketua DPRD Banten Andra Soni mengatakan, kinerja BPBD Banten belum maksimal dalam penanganan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Lebak.

Politisi Gerindra ini menilai, penanganan yang dilakukan belum maksimal dan tidak terkoordinir dengan baik.

“Saya anggap gagap bencana,” ujar Andra Soni, Ketua DPRD Banten kepada wartawan.

Tutur Andra, Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Banten yakni Kepala Inspektorat Kusmayadi yang melaksanakan sekaligus mengawasi. (hdr/joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.