Sinar Mas Land Gelar Pelatihan Para Petani untuk Mengembangkan Tanaman Vegetatif guna Peningkatan Produksi Tanaman

Redaksi
14 Mar 2024 20:38
Berita Life 0 26
2 menit membaca

Kabupaten Bogor menjadi salah satu kota pertanian penghasil tanaman pangan, hortikultura serta perkebunan di Indonesia. Berdasarkan data sensus pertanian 2023 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, kondisi Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTUP) Kabupaten Bogor mencapai 189.979 rumah tangga. Subsektor yang paling banyak diusahakan oleh RTUP adalah tanaman pangan dengan jumlah 115.460 rumah tangga, disusul hortikultura dengan jumlah 81.093 rumah tangga.

Melihat potensi tersebut, Sinar Mas Land turut berupaya untuk memberikan pelatihan melalui program Kemitraan Pertanian Lokal bagi petani setempat di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang diadakan pada 27 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan proses pendampingan hingga beberapa bulan ke depan. Pelatihan ini diikuti oleh petani binaan dari sejumlah desa, diantaranya Tamansari, Rumpin, Cipinang dan Desa Kampung Sawah, Kabupaten Bogor serta perwakilan pengurus kecamatan dan desa di Balai Pelatihan Pertanian Terpadu CSR & Green Initiative Sinar Mas Land wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menyatakan, “Kami secara berkala memberikan edukasi dan pendampingan kepada para petani lokal di berbagai wilayah binaan.  Pelatihan pertanian yang diadakan di Kabupaten Bogor kali ini fokus pada pengembangbiakan tanaman secara vegetatif bagi tanaman pangan seperti durian, mangga, manggis, alpukat, jeruk santang madu, anggur, dan tanaman hias seperti Sansiviera, Aglonema, Anturium, dan sebagainya. Pelatihan ini turut memberi manfaat ekonomi berupa bibit-bibit tanaman baru yang bisa diperjualbelikan, terutama tanaman yang dikembangkan dalam media pot,  mulai dari tanaman penghasil buah, sayur mayur maupun tanaman hias. Kami harap para petani binaan bisa memetik manfaat dan kesejahteraannya meningkat.”

Program Kemitraan Pertanian Lokal ini memberikan bekal keilmuan dan keterampilan bagi para petani untuk dapat memperbanyak tanaman dengan metode vegetatif melalui teknik cangkok, stek, sambung dan okulasi. Metode ini dapat mempercepat proses penghijauan dan melipatgandakan produksi pertanian.

Pelatihan pertanian pada kelompok petani binaan merupakan salah satu upaya untuk Sinar Mas Land terus berupaya memberikan sumbangsih dan kontribusi sosial kepada berbagai pihak yang berada dalam ekosistem kawasan dan wilayah sekitar kota mandiri BSD City. Kontribusi sosial tersebut juga terwujud dalam berbagai terapan program Corporate Social Responsbility (CSR), baik itu di bidang keagamaan, pelestarian lingkungan, pemberdayaan ekonomi, pengembangan pendidikan, pengembangan pertanian, dan lain sebagainya.(*)