PKM Di Kelurahan Babakan Mahasiswa/I Unpam Edukasi Tentang HAM

oleh
PKM Di Kelurahan Babakan Mahasiswa/I Unpam Edukasi Tentang HAM

TANGERANG-Mahasiswa/i Fakultas Hukum Universltas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan, Banten, laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Babakan, Tangsel, pada Jamie, 20 Mei 2022.
Pada PKM di Kelurahan Babakan ini, para Mahasiswa Unpam mensosialisasikan tentang, “Hak Asasi Manusia (HAM), Konsep, Pelanggaran dan Mekanisme HAM”.

Lurah Babakan Teten Hardianto mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa dan jajaran Dosen Unpam yang telah melaksanakan PKM di Kelurahan Babakan. Ia berharapa agar sosialasi yang di berikan mahasiswa hukum Unpam mampu mengedukasi twntang hukum khususnya bidang Hak Asasi Manusia( HAM).


“HAM itu luas sangat menyeluruh. Timbulnya HAM itu sangat berpengaruh terhadap seseorang, ada yang bisa jawab timbulnya HAM itu ada sejak kapan?, tepatnya pada saat dilahirkan didunia,” ujarnya.
Dikatakannya, setiap tindakan yang dilakukam harus menghargai hak orang lain. Salah satu contohnya adalah, apabila ingin membuka bisnis di tempat tertentu, pastinya
harus melalui aturan setempat yang berlaku.

“Penegakan HAM bisa dimulai ditingkat RT. Yakni bagaimana melayani warga dengan baik, itu adalah salah penegakkan HAM di wilayah,” imbuhnya.
Sementara Turnya SH,MH, selaku dosen pembimbing menyatakan, betapa pentingnya edukasi tentang HAM. Persoalan HAM sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, termasuk dalam rumahh tangga, salah satunya.

“Kita harus tahu hak-hak seorang perempuan dan hak seorang laki-laki. Jadi masing-masing punya kebebasan, namun kebebasan yang punya aturan main tentunya,” terangnya.
Dikatakan, Unpam adalah salah satu universitas terbesar ke-3 di Indonesia. Saat ini Unpam memiliki cabang di Serang, Banten, dengan jumlah bangunan mencapai 12 gedung.
Unpam sendiri telah banyak melakukan kegiatan terkait kemasyarakatan, salah satunya adalah PKM yang dilakukan mahasiswa/i. Selain itu bagi penyandang Disabilitas, Unpam juga telah memberikan fasilitas gratis.

“Semoga PKM ini membawa manfaat bagi kita. Bila ingin informasi lebih lengkap, silakan temui saya. Atau bisa langsung datang ke kampus Unpam,” tukasnya.
Sementara Nurmansyah saat pemaparannya menjelaskan, PKM yang dilaksanakan di Kelurahan Babakan Tangsel berjalan lancar dan sukses. Semua mahasiswa dengan lancar memberikan materi hukum terkait konsep dan penegakan HAM di lingkup masyarakat. Mahasiswa juga fasih dan lancar saat menjawab semua pertanyaan dari audien yang hadir.

“Alhamdulillah, berjalan lancar. Audiens yang hadir diantaranya, ibu-ibu PKK, Karang Taruna dan masyarakat sekitar. Para peserta PKM mengaku senang dan gembira, karena dapat berdiskusi secara hangat penuh keceriaan bersama mahasiswa dari Fakultas Hukum Unpam,” tukasnya.(rill/red)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.