Warga Banten Bangga Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR RI

oleh
Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Suku Baduy, Banten/tangkapan layar Instagram @jokowi

JAKARTA, LENSAMETRO.com— Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Baduy saat pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-76 kemerdekaan RI tahun 2021 pada sidang Bersama DPD RI dan DPR RI, Senin (16/8/2021).

Kantor Staf Presiden melalui akun Twitter-nya mengungkap bahwa Presiden Jokowi memakai baju adat Suku Baduy  yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jokowi tampak memakai telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, kadang disebut ‘koncer’ atau ‘roma’.

Ikat kepala tersebut merupakan hasil tenun masyarakat Baduy. Kutung adalah baju putih berlengan panjang tanpa kerah, juga disebut ‘jamang sangsang’. Namun, yang dipakai Jokowi adalah baju berwarna biru.

Presiden Jokowi yang juga diunggah di instagram @Jokowi diserbu warganet. Akun @inforangkasbitung mengomentari akun tersebut dan mengaku bangga Presiden mengenakan pakaian adat Baduy.

“Pak Jokowi mengenakan pakaian adat dari suku Baduy. Bangga sebagai warga Lebak. Hatur nuhun pak,” tulis akun @inforangkasbitung.

Tangkapan layar akun Instagram presiden @jokowi/ist

Akun lainnya @fesbukbanten memberikan salam hormat kepada Presiden Jokowi yang telah mengenakan pakaian adat Baduy di Rapat Sidang Tahunan MPR RI  tersebut.

“Baju adat Baduy, salam hormat kami warga Banten Pak,” tulis akun tersebut. (dra/joe)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.