KABUPATEN TANGERANG (LM)-, Puluhan ibu dan bapak lanjut usia (lansia) memenuhi halaman Kantor Desa Cangkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Rabu, 15 Januari 2020. Mereka menunggu giliran menjalani pemeriksaan gratis yang dihelat Pemerintah Desa Cangkudu melalui program Pos Bimbingan Terpadu (Posbindu) Lansia.

“Tujuannya meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia,” kata Kepala Desa Cangkudu Abdullah.

Pria yang karib disapa Victor ini menambahkan, fungsi posbindu juga sebagai usaha mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Selain itu, lanjut dia, posbindu juga dapat dijadikaj sarana meningkatkan komunikasi dan silaturahmi antara masyarakat usia lanjut.

Victor membeberkan, sasaran posbindu lansia adalah kelompok pra usia lanjut yakni usia 45-59 tahun, kelompok usia lanjut atau usia 60 tahun ke atas, dan kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi yaitu usia 70 tahun ke atas.

“Serta sasaran tidak langsung, yaitu keluarga dimana lansia berada, organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut, dan juga masyarakat luas,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, manfaat dari posbindu lansia adalah transfer pengetahuan kesehatan bagi lansia. Sehingga diharapkan, lansia terdorong untuk bersikap dan termotivasi untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. (Restu).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *