KABUPATEN TANGERANG | LensaMetro – Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar kembali terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Banten masa bakti 2022-2027.

Sofyan terpilih untuk kedua kalinya secara aklamasi dalam perhelatan Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Daerah (Mapamda) Banten yang berlangsung di Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Selasa 18 Oktober 2022.

Sosok yang turut menghantarkan Perumdam TKR meraih berbagai penghargaan bergengsi pada ajang Top BUMD selama tiga tahun berturut-turut tersebut dinilai berhasil juga menakhodai Perpamsi Banten, sehingga kembali didaulat sebagai ketua untuk periode kedua kalinya.

“Kepercayaan dan amanah yang diberikan dari teman-teman anggota Perpamsi Banten kedua kalinya ini semakin membuat saya bersemangat untuk terus meningkatkan pelayanan air bersih, tak hanya di Kabupaten Tangerang, melainkan se-Banten di masing-masing area pelayanan anggota Perpamsi Banten,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu 19 Oktober 2022.

Sofyan melanjutkan, Perpamsi adalah organisasi yang memiliki peran strategis untuk memacu PDAM maupun Perumdam agar terus berinovasi dalam pengelolaan sumber daya air, manajemen perusahaan yang hasilnya dirasakan langsung oleh pelanggan, yaitu pelayanan air bersih secara prima.

Kunci untuk meraih hal itu, kata dia, selain terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), juga meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan dengan berbagai terobosan dan inovasi.

“Terlebih saat ini kita hidup di era digital, manajemen perusahaan dan pelayanan kepada pelanggan semestinya dapat dilakukan lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Sofyan melanjutkan, efisiensi perlu terus dilakukan mengingat bahan baku Perumdam adalah air permukaan yang saat ini kuantitas dan kualitasnya juga terus mengalami penurunan, khususnya di wilayah Tangerang.

“Sehingga kita harus berfikir holistik, tidak parsial. Keberlanjutan bisnis Perumdam tidak terlepas dari kelestarian air sebagai bahan baku. Karenanya, kita harus bekerja bersama-sama, bergandengan tangan dengan semua stakeholder, agar aktivitas perusahaan terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sementara alam terjaga kelestariannya,” terangnya.

Pria yang familiar dengan dunia teknologi informasi ini juga menekan urgensi migrasi pelayanan ke platform digital. Sebab menurutnya, sebagian besar pelanggan telah familiar dengan teknologi ponsel pintar (smartphone) dan internet.

“Pelayanan hingga keluhan harus direspon secara cepat dan tuntas, sebab saluran atau kanal pengaduan pelanggan pun tak lagi hanya melalui call center atau surat, kadang melalui media sosial. Di sini pentingnya kita terus berinovasi, menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan saat ini,” pungkasnya.

Selain menggelar Mapada, Perpamsi Banten juga menyelenggarakan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) ke-8 di Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Rabu 19 Oktober 2022. Berbagai perlombaan yang diikuti anggota se-Banten itu di antaranya kompetisi bola voli, futsal, senam, badminton, tenis meja, lomba vokal serta sukses menyelenggarakan cabor E- Sport pertama kalinya dalam perhelatan PORSENI.(red-rill)