Pj Bupati Tangerang Buka Sosialisasi Si-Cepot dan Pembayaran PBB Melalui QRISS

KABUPATEN TANGERANG; Lensametro.com –Pj Bupati Tangerang Andi Ony membuka sosialisasi penggunaan sistem informasi cetak PBB online terpadu atau Si Cepot serta pembayaran PBB melalui QRIS. Acara tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Tigaraksa. Selasa, (21/5/24).

Dalam sambutannya, Pj Andi Ony mengungkapkan bahwa Kabupaten Tangerang menempati 3 besar kabupaten dengan kapasitas fiskal terbesar dari 416 kabupaten yang ada di Indonesia. Untuk itu, dia sangat mengapresiasi berbagai terobosan dan inovasi untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas fiskal untuk pembangunan dan peningkatan kesejehteraan masyarakat.

“Secara kapasitas fiskal, Kabupaten Tangerang berada di nomor 3 terbesar di Indonesia, Dan penyumbang terbesar Kapasitas fiskal kita adalah dari PAD dan PAD yang termasuk dari sektor pajak. Terima kasih mudah-mudahan dengan sosialisasi Si Cepot dan pembayaran melalui QRIS ini Pendapatan asli daerah Kabupaten Tangerang bisa semakin meningkat,” tutur Pj Andi Ony

Menurut dia, terobosan dan inovasi berbasis digital, khususnya di sektor peningkatan layanan pajak daerah yang merupakan salah satu penyumbang terbesar PAD harus terus dilakukan dan dikembangkan. Terobosan dan inovasi tersebut secara langsung juga dapat semakin memperkuat kapasitas fiskal Kabupaten Tangerang yang diharapkan bisa naik peringkat secara nasional.

“Semoga sistem digitalisasi dalam rangka pemungutan pajak daerah dapat mendorong PAD di Kabupaten Tangerang meningkat, dengan menerapkan tersebut dan pembayaran PBB melalui Qris bisa semakin memperkuat kapasitas fiskal Kabupaten Tangerang,” tuturnya

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang Slamet Budhi mengungkapkan Kabupaten Tangerang menjadi Kota/Kabupaten Pertama di lingkup Jawa dan Bali yang telah menyediakan kanal pembayaran QRIS dan Virtual Account secara live untuk seluruh objek pajak dan retribusi daerah.

“Melalui inovasi ini, Kabupaten Tangerang berhasil memperoleh predikat Daerah “Digital” dengan indeks ETPD sebesar 100% pada Semester I Tahun 2023 dan 97,5% pada Semester II Tahun 2023 berdasarkan Laporan Assesmesment Bank Indonesia Tahun 2023,” ungkap Slamat Budi

Dia mengatakan maksudnya tujuan acara sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya memenuhi peningkatan kebutuhan wajib pajak serta memberikan kemudahan kepada warga Kabupaten Tangerang untuk dapat mengakses SPPT PBB secara online sekaligus melakukan pembayaran langsung melalui QRIS.

“Acara ini diharapkan membentuk kebiasaan di masyarakat untuk mengakses SPPT secara elektronik dan meningkatkan kemudahan dalam pembayaran PBB melalui kanal pembayaran digital sehingga pembayaran PBB dapat tepat waktu dan hemat biaya karena pembayaran QRIS dan virtual account,” jelasnya. (rls/din)