Komisi IX DPR RI Bersama BKKBN Gencar Sosialisasikan Bangga Kencana

oleh

JAKARTA —Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Papua bersama anggota Komisi IX DPR RI Mesakh Mirin menyosialisasikan program Bangga Kencana di sanggar Saka Kencana di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (11/12/2020).

Bangga Kencana adalah pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. Program tersebut bagian dari  Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKKBPK) yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir.

“Perubahan strateginya kalau dulu lebih ditekankan kepada masalah kependudukan dan Keluarga Berencana (KB). Bangga Kencana lebih fokus pada pembangunan keluarga,” ungkap Mesakh Mirin kepada awak media usai kegiatan tersebut.

Mesakh menekankan, program ini diarahkan untuk membangun keluarga yang memiliki perencanaan, seperti perencanaan memiliki anak, pendidikan, dan sebagainya.

“Sehingga terbentuk keluarga yang berkualitas,” tambahnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri puluhan peserta warga asal Papua. Selain itu, turut hadir sebagai narasumber Dr. Munawar Asikin, Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN.

Munawar mengatakan, meski di tengah pandemi Covid-19, BKKBN berupaya terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dan berusaha memberikan edukasi tentang program Bangga Kencana.

“Kami juga sekaligus memberikan edukasi meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan patuh pada protokol kesehatan,” katanya.

Pada kegiatan yang sama juga dilakukan pembagian sembako kepada peserta di lokasi, dan diantarkan ke rumah warga Papua yang berada di Jakarta Barat, Timur dan Pusat.

“Hal ini dilakukan semata-mata untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat Papua yang berada di DKI Jakarta dan usaha dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19,” pungkasnya