oleh

Kali Sabi Meluap, 4 RW di Bencongan Kelapadua Terendam Banjir

banner 300600

TANGERANG, LENSAMETRO— Sebanyak empat rukun warga (RW) di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapadua, Kabupaten Tangerang diterjang banjir.

Sehingga ratusan rumah warga terendam dan akses jalan terputus. Ketinggian air di lokasi tersebut mencapai 1,5 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,  Puluhan warga terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Para warga dievakuasi petugas dari BPBD Kabupaten Tangerang  dengan hanya membawa sebagian barang berharga yang dimiliki meninggalkan kediaman.

Komandan Regu Pos Kelapadua BPBD Kabupaten Tangerang, Basri mengatakan, hujan dengan intensitas air lebat sejak tadi malam hingga dinihari membuat sebagian sungai di Kabupaten Tangerang meluap.

Akibatnya, air memasuki ratusan rumah warga yang berada di RW 18, 20, 25, dan 31 Kelurahan Bencongan, Kabupaten Tangerang.

“Ada ratusan rumah yang terendam. Untuk sementara di RW 25 tercatat ada 5 RT dan 320 rumah yang terendam, selengkapnya masih kita data,” ungkap Basri kepada wartawan, Sabtu (20/02/2021).

Basri mengungkapkan, untuk menyelamatkan diri, puluhan warga terpaksa mengungsi untuk ke lokasi yang lebih aman.

BACA JUGA ; Sapa Korban Banjir di Gunung Kaler, Gerindra Kabupaten Tangerang Bagi-Bagi Paket Sembako

“Ada yang ngungsi ke rumah tetangga, ada yang memilih tinggal sementara di rumah keluarganya dan tenda yang kita sediakan,” kata dia.

Namun, sebagian besar dari warga enggan meninggalkan rumah dan memilih bertahan bersama barang-barang berharga yang dimiliki.

“Semalam ketinggian air mencapai 1,5 meter. Sekarang sudah mulai surut di bawah 1 meter,” tandasnya.

Basri bilang, petugas dibekali satu unit perahu karet dalam mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Saat pelaksanaan, petugas terjun ke lapangan secara bergantian.

“Petugas sebetulnya masih butuh satu unit perahu karet lagi. Untuk korban banjir mereka sementara membutuhkan logistik,” ungkapnya.

Ia menyebut, banjir terjadi akibat lupakan Kali Sabi yang merupakan anak dari Sungai Cisadane. (stu/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed