oleh

TPU Buniayu Tangerang Siap Menampung Kiriman Jenazah Covid-19 Asal Jabodetabek

TANGERANG, LENSAMETRO — Kepala Dinas Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang  Iwan Firmansyah mengatakan, TPU Biniayu yang dijadikan tempat pemakaman jenazah korban Covid-19 di wilayah Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang sangat luas.

Sehingga ia menyatakan, siap menampung untuk menampung kiriman korban covid-19 yang berasal dari daerah Jabodetabek.

“Jika ada kesepakatan antara pemerintah daerah Kabupaten Tangerang dengan daerah lain se-Jabodetabek, tentu siap  menampung,” ujar Iwan Firmansyah kepada wartawan, Selasa (2/02/2021).

BACA JUGA : 40 Hektare TPU di Buniayu Sukamulya Disiapkan Untuk Korban Covid-19

Iwan mengungkapkan, luas lahan pemakaman yang direncanakan di TPU Buniayu mencapai 70,2 hektare, namun baru 50 hektare yang sudah berhasil dikuasai. Kata Iwan, dari 50 hektare diantaranya 30 hektar sudah siap dipakai dan 20 hektare lagi masih perlu dilakukan pematangan lahan seperti perataan, pengurugan dan sebagainya

“Lahan seluas 30 hektare sudah sangat cukup untuk pemakaman umum jenazah warga Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Menurut Iwan,  total jenazah korban Covid-19 yang sudah dimakamkan di TPU Buniayu sejak Maret 2020 hingga Selasa (2/2/2021)  sebanyak 386.

“Dalam sehari paling sedikit jenazah covid-19 yang dimakamkan sebanyak dua jenazah. Bahkan, pernah pada Januari 2021 sampai 10 jenazah yang dimakamkan,” ujarnya.

Sementara, berkenaan dengan petugas gali kubur, mantan Sekretaris Dinas Binamarga dan SDA ini mengatakan, hingga saat ini petugas masih sanggup bekerja.

“Petugas dalam satu hari menggali sebanyak 2-4 lubang kubur, adapun total petugas gali kubur dan pemakaman ada 8 orang dan setiap hari mereka bekerja secara bergantian. Dan sampai saat ini terpantau sehat dan belum ada kabar mereka terserah Covid-19. Mereka rutin diberi asupan vitamin dan makanan bergizi,” tandasnya. (stu/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed