oleh

DPR RI Ajak Masyarakat Dukung Program Bangga Kencana BKKBN

JAKARTA, LENSAMETRO.com— Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengajak masyarakat untuk mendukung program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Program tersebut dinilai Charles sangat strategis untuk meningkat kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja yang dihelat BKKBN di hotel Novotel Gajah Mada, Kamis, 29 April 2021.

“Pembangunan manusia Indonesia ini menjadi fokus penting pemerintah, karena kualitas SDM yang mumpuni, akan berpengaruh secara langsung pada masa depan bangsa,” ungkapnya.

Dikatakannya, melalui program itu, pertumbuhan manusia Indonesia sejak balita hingga lansia dapat terjaga dengan baik, sehingga diharapkan tidak ada lagi kasus gizi buruk yang berdampak stunting yang tengah menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

“Program ini mencakup tiga hal, yaitu bina keluarga balita dan anak, bina kelurga remaja, dan bina keluarga lansia,” katanya.

Pertumbuhan SDM di Indonesia melalui program Bangga Kencana mendapatkan perhatian sejak usia balita dengan pemenuhan kasih sayang serta kebutuhan gizi. Dengan pola asuh dan gizi yang baik, kata Charles, maka fase usia emas anak (golden age) akan terlewati dengan baik.

“Sehingga ketika anak memasuki usia sekolah, kesehatan dan kecerdasannya akan seimbang. Inilah bibit-bibit unggul SDM kita di masa depan,” katanya.

Kemudian, hal yang tak kalah penting adalah pada fase selanjutnya, yaitu masa remaja. Fase ini menjadi sangat riskan tanpa pendampingan yang baik dari keluarga.

Fenomena yang terjadi saat ini, remaja menghadapi tantangan yang luar biasa seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan media sosial.

Pada fase perkembangan kondisi emosi yang tidak stabil, remaja harus benar-benar mendapatkan perhatian dan pendampingan dari orang dewasa.

“Keluarga dan lingkungan sosial menjadi faktor yang sangat menentukan kehidupan remaja. Melalui program Bangga Kencana ini, kita optimis keluarga Indonesia menjadi keluarga yang tangguh,” katanya.

Kemudian saat memasuki fase lansia, manusia Indonesia diharapkan tetap menjadi individu yang produktif dan mandiri. Dengan demikian akan turut berdampak pada produktivitas nasional.

“Program Bangga Kencana ini formulasi yang baik jika kita mampu merealisasikannya secara konsisten. Maka, kami pun sangat mendukungnya,” pungkasnya.

BACA JUGA ;Komisi IX DPR RI Bersama BKKBN Gencar Sosialisasikan Bangga Kencana

Selain Charles, hadir pula narasumber lain yaitu Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga pada BKKBN Wahidah Paheng dan Kepala Bidang P2K pada Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta Ibni Sholeh. Kedua narasumber itu pun menekankan hal serupa terkait pentingnya program Bangga Kencana untuk mewujudkan keluarga yang sehat, tangguh, dan bahagia. (joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed