Sinar Mas Land Hibahkan Dana Pendidikan untuk Pengembangan Sekolah Berhati

CSR Pendidikan untuk Pengembangan Sekolah Berhati, Photo : Istimewa
Table of contents: [Hide] [Show]

    KABUPATEN TANGERANG | Lensametro.com– Dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan nasional, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menjalankan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan dengan menyalurkan dana hibah sebesar Rp90 juta kepada Tim Penggerak Sekolah Berhati. Secara simbolis, penyerahan dana hibah diberikan oleh Teguh Azmi Pamungkas (Head of National CSR Program Sinar Mas Land) kepada Supendi Akbar (Ketua Tim Pusat Sekolah Berhati) pada Selasa (13/12) lalu di Sinar Mas Land Plaza, BSD City. Pemberian dana hibah ini akan digunakan untuk pembuatan buku panduan guru dan buku manual bacaan yang disusun secara khusus oleh tim Sekolah Berhati dalam meningkatkan produktivitas kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah maupun madrasah binaan.

    CSR Pendidikan PT Bumi Serpong Damai Tbk

    Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, “Semoga pemberian dana hibah ini dapat mendukung kemandirian dalam pengembangan Sekolah Berhati. Kami harap bantuan ini dapat digunakan dengan bijak untuk memberikan dampak bagi kemajuan bangsa, dalam hal ini untuk mendukung pembuatan buku-buku yang dapat menjadi sumber pembelajaran bagi para siswa dan panduan bagi para pendidik sekaligus menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Kemajuan pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan bangsa menjadi salah satu fokus kami karena selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 yang dicanangkan oleh pemerintah yakni Pendidikan Berkualitas, Berkurangnya Kesenjangan, Membangun Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan, dan Penangangan Perubahan Iklim.”

    Sekolah Berhati CSR Sinar Mas Land

    Sekolah Berhati (Sekolah Berkarakter Hijau, Sehat dan Inovatif) merupakan platform pendidikan yang diinisiasi oleh CSR Sinar Mas Land bersama dengan para pendidik di Tangerang Raya sejak tahun 2021. Program ini bertujuan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas serta mendorong terciptanya ekosistem pendidikan melalui pembelajaran berbasis lingkungan dengan mengaplikasikan metode bermuatan kompetensi literasi dan numerasi dengan pendekatan Active Learning. Penerapan Sekolah Berhati di institusi pendidikan juga diharapkan dapat mengoptimalkan penyerapan ilmu dan pengalaman bagi generasi masa depan yang cerdas, siap menjadi problem solver, dan peduli terhadap lingkungan.

    Sekolah Berhati dinilai memiliki karakteristik utama pendidikan yakni mendukung pemulihan pembelajaran, pengembangan soft skills, pembentukan karakter, fokus pada materi esensial, dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didiknya. Program ini mendukung tenaga pendidik dalam menciptakan sarana pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif, serta berorientasi pada upaya green productivity yang merupakan aspek utama dalam pengembangan sekolah ramah lingkungan.

    Pertengahan tahun ini, CSR Sinar Mas Land bersama Tim Penggerak Sekolah Berhati didukung oleh para regulator telah menyelenggarakan diseminasi program Sekolah Berhati, yang diikuti 1.500 pendidik dari 750 sekolah/madrasah binaan yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. (Adv)