Pembangunan Underpass Bitung Segera di Bangun, Pemkab Gelar Sosialisasi

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah

KABUPATEN TANGERANG, Lensametro.com— Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah mengatakan, pemerintah daerah sudah melakukan sosialisasi terkait pembangunan underpass Bitung.

Untuk saat ini, kata dia, pemerintah daerah melakukan sosialisasi utilitas mana yang akan dipindahkan dalam proyek pembangunan underpass Bitung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepanjang sekira 611 meter.

“Sekarang terkait pemindahan utilitas termasuk jaringan kabel Telkom, kabel listrik terutama yang riskan itu jaringan pipa gas negara yang harus kita selesaikan.

Untuk lahan yang sudah disiapkan pemerintah daerah dan tanah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu syaratnya harus dihibahkan dahulu seluas hampir 1 hektare dan itu sudah berproses,” jelasnya kepada Media. Rabu (23/11).

Iwan melanjutkan, hasil koordinasi dan rapat bersama dengan pihak terkait termasuk dengan Balai Besar Nasional Jalan sudah ada proses lelang dini di mana dalam sebulan ke depan sudah diketahui pemenangnya. Ia menjelaskan, konsepnya dalam rangka mengurai kemacetan di simpang Bitung.

“Kita ketahui bahwa di Jalan Raya Serang dalam nomenklatur di Kementerian PUPR adalah batas Jalan Kota Tangerang. Secara progres alhamdulilah sudah masuk prioritas di Kementerian PUPR, ada beberapa penanganan skema jangka pendek dan panjang karena otoritas kewenangan ada di Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR atas dukungan kita di lahan dan penerbitannya. Dalam rangka menuju underpass Bitung mereka akan membangun berupa Taper atau pelebaran jalan dengan panjang 150 meter dan akan dibangun Frontage Road atau jalan pengganti yang kesemuanya menelan biaya Rp10 miliar sampai Rp14 miliar dari APBN. Kemudian, baru pembangunan underpass sambil menunggu perjanjian kerjasama dengan PT PGN untuk pemindahan utilitasnya,” pungkasnya. (Res/Jay)