Plh Sekda Provinsi Banten Buka Pasar Murah Sambut Ramadan 1444 H/ 2023 M

Serang | Lensametro.com, Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Virgojanti membuka Pasar Murah Sambut Ramadhan 1444 H di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (14/3/2023). Pasar Murah ini berlangsung hingga hari Kamis, 16 Maret 2023.

“Pasar murah merupakan kegiatan yang sangat strategis. Negara hadir dalam memfasilitasi kebutuhan masyarakat,” ungkap Pj Gubernur Al Muktabar dalam sambutannya yang dibacakan Virgojanti.

Melalui pasar murah, Al Muktabar berharap kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dan terjangkau. “Sehingga keberadaan pasar murah dirasakan manfaatnya,” bacanya.

Dikatakan, Pemprov Banten menyambut baik pelaksanaan Pasar Murah yang diinisiasi Korem 064/Maulana Yusuf. Pasar murah bagian dari upaya pengendalian inflasi yang merupakan target kinerja Pemerintah Daerah.

Dipaparkan Al Muktabar Pemprov Banten menggelar Pasar Murah di 92 titik yang dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten/ Kota, Forkopimda serta para pihak lainnya.

“Pasar Murah yang dilaksanakan juga berkolaborasi dengan UMKM,” kata Al Muktabar. Menurut Al Muktabar, UMKM turut berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Keberadaannya sebagai roda ekonomi cukup strategis.

Sementara Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Brigjend TNI Tatang Subarna dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem 064/ Maulana Yusuf Kolonel Inf. Nurkhan mengatakan Pasar Murah dalam rangka menyambut Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Kegiatan tetsebut bertujuan membantu Provinsi Banten dalam menekan laju inflasi.

“Provinsi Banten berhasil mengendalikan inflasi. Salah satunya melalui gerakan pangan murah atau pasar murah,” tambahnya

Dikatakan, pada pasar murah, selain sembako murah juga ada produk UMKM dan hiburan rakyat.

“Pelaksanaan pada 14-16 Maret 2023 dan menjelang Idul Fitri 10-19 April 2022. Menawarkan produk bermutu dengan harga terjangkau,” pungkasnya

Pada kesempatan itu, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang diwakili Dir Binmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto berharap masyarakat memanfaatkan Pasar Murah dengan baik. Belanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

“Pasar Murah juga untuk menjalin hubungan dengan masyarakat,” bacanya.

Pasar murah diikuti oleh Perum Bulog, PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan, BUMD Provinsi Banten PT ABM, PT Alfa Trijaya Tbk, PT Indomarco Prismatama, Lotte Grosir Serang, Fressmart, Hypermart, serta UMKM binaan Provinsi Banten.(rls/red)