KABUPATEN TANGERANG; LENSAMETRO- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, menyebabkan sejumlah rumah terendam banjir.

Salah satunya seperti yang terjadi di Kampung Alang Besar, Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Air di lokasi tersebut sudah naik hingga 50 cm, pada Jumat (24/1/2020).

Selain rumah pemukiman, banjir juga masuk ke Rumah Baca Sahabat Pena yang berada di kampung tersebut.

Tak ayal, pengurus rumah baca yang konsen menyebarkan virus literasi terhadap generasi sejak dini itu sibuk menyelamatkan buku.

Lantaran air sudah menggenangi halaman rumah baca dengan ketinggan air mencapai 40 cm.¬†“Alhamdulillah, belum sampai masuk kebagian dalam. Sebagian Buku-buku sudah diamakan,” ujar Fatmawati pengurus Rumah Baca Sahabat Pena kepada lensametro.

Menurutnya, selain disebabkan karena hujan deras, banjir yang melanda Kampung Alang Besar, Desa Kebon Cau ini disebabkan buruknya drainase dan pendangkalan sungai yang melintas di desa itu.

“Ya, kalau saluran air sih banyak, tapi sepertinya kurang perawatan, ditambah sungainya yang sudah dangkal, jadi pembuangan air tidak lancar,” ungkapnya.

Salah seorang warga Kampung Alang Besar, Bento mengungkap, hujan deras yang terjadi sejak Jumat pagi menyebabkan beberapa rumah terendam.

“Saya dan warga panik melihat ketinggian air yang semakin meningkat dan hujan tidak kunjung reda,” tukasnya. (joe)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *