Apa Itu Software?, Aplikasi Yang Sering Kita Pake Setiap Hari

Redaksi
10 Jul 2024 08:52
Teknologi 0 11
2 menit membaca

Software merupakan program komputer yang berisi serangkaian instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer untuk melakukan berbagai tugas atau fungsi tertentu. Dengan adanya software, komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengolahan data, komunikasi, permainan, desain grafis, dan lain sebagainya.

Komputer sebagai perangkat keras, membutuhkan software untuk dapat berfungsi dengan baik. Software akan memberikan petunjuk kepada komputer tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, serta bagaimana hasilnya akan ditampilkan kepada pengguna.

Dengan kata lain, komputer dan software saling tergantung satu sama lain. Komputer membutuhkan software untuk dapat beroperasi dan menjalankan berbagai tugas, sedangkan software membutuhkan komputer sebagai media untuk dijalankan dan menghasilkan output yang diinginkan. Oleh karena itu, hubungan antara software dan komputer sangatlah penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari menggunakan komputer.

berikut ini contoh software yang sering kita gunakan :

Microsoft Office : Paket aplikasi kantor yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook sangat populer di kalangan pengguna komputer.

Adobe Photoshop : Software pengeditan foto dan desain grafis yang banyak digunakan dalam industri kreatif.

Google Chrome : Browser web yang populer digunakan untuk menjelajahi internet.

Adobe Acrobat : Software untuk membuat dan mengedit file PDF.

VLC Media Player : Media player yang dapat memutar berbagai jenis file multimedia.

Spotify : Layanan streaming musik yang populer di kalangan pengguna.

Autodesk AutoCAD : Program desain dan pemodelan 2D dan 3D yang banyak digunakan dalam industri arsitektur dan rekayasa.

Zoom : Aplikasi konferensi video yang sangat populer untuk pertemuan online.

WhatsApp : Aplikasi pesan instan yang banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Mozilla Firefox : Browser web alternatif yang juga populer di kalangan pengguna komputer.

Software dibuat melalui proses pengembangan atau programming, dimana para pengembang software merancang, mengkode, menguji, dan menyusun program-program komputer yang membentuk sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna akhir. Proses pembuatan software ini melibatkan beberapa tahapan, seperti analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengkodean, pengujian, serta pemeliharaan.

Pada tahap analisis kebutuhan, para pengembang akan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan merancang fitur-fitur yang akan disertakan dalam software. Selanjutnya, pada tahap perancangan, pengembang akan merancang struktur dan alur kerja dari software tersebut. Tahap pengkodean adalah saat dimana pengembang mulai menulis kode program menggunakan bahasa pemrograman yang dipilih.

Setelah kode selesai ditulis, dilakukan tahap pengujian dimana software diuji untuk memastikan bahwa software berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahap terakhir adalah pemeliharaan, dimana para pengembang akan terus memperbaiki dan memperbarui software untuk menjaga kualitas dan kinerja aplikasi tersebut.