Ini Dia Sejarah Penemuan Handphone dan Penciptanya

Redaksi
9 Jul 2024 15:02
Teknologi 0 8
2 menit membaca

Handphone, atau yang sering disebut juga dengan telepon seluler, adalah alat komunikasi yang sangat populer di era modern ini. Alat komunikasi ini merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui sinyal jaringan telepon seluler. Dengan menggunakan handphone, seseorang dapat melakukan panggilan suara, mengirim pesan teks, mengirim pesan gambar, mengakses internet, dan berbagai fungsi lainnya.

Handphone memiliki berbagai jenis dan model, mulai dari yang biasa hingga smartphone yang canggih. Smartphone sendiri merupakan jenis handphone yang memiliki fitur lebih lengkap seperti kamera dengan resolusi tinggi, aplikasi yang beragam, dan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti browsing internet, bermain game, dan sebagainya.

Handphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia modern. Alat komunikasi ini memungkinkan orang untuk tetap terhubung satu sama lain, baik dalam hal bisnis maupun kehidupan pribadi. Selain itu, handphone juga mempermudah dalam melakukan berbagai kegiatan seperti mencari informasi, mengatur jadwal, dan bahkan berbelanja secara online.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, handphone terus mengalami inovasi dan perbaikan fitur-fiturnya sehingga semakin memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan menjalani kehidupan sehari-hari.

Penemuan telepon seluler dimulai pada tahun 1973 ketika Martin Cooper, seorang insinyur dari Motorola, pertama kali menciptakan prototipe telepon seluler. Pada waktu itu, telepon seluler hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan memiliki berat sekitar 1 kilogram.

Pada tahun 1983, telepon seluler pertama yang dapat dijual ke publik diluncurkan oleh Motorola dengan nama Motorola DynaTAC 8000X. Telepon ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan ringan dibandingkan prototipe sebelumnya, namun masih memiliki harga yang sangat mahal yaitu sekitar $4.000.

Pada tahun yang sama, AT&T mulai menguji jaringan seluler pertamanya di Amerika Serikat. Dengan begitu, telepon seluler mulai populer di masyarakat dan banyak orang yang mulai menggunakan teknologi ini.

Pada tahun 1990-an, teknologi telepon seluler semakin berkembang dengan diluncurkannya jaringan 2G yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks. Kemudian, pada tahun 2000-an, teknologi 3G dan 4G mulai diperkenalkan dan memberikan kemampuan yang lebih canggih bagi pengguna telepon seluler.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang terus dilakukan oleh berbagai perusahaan telekomunikasi, telepon seluler menjadi semakin canggih dan memiliki banyak fitur yang mendukung kehidupan sehari-hari penggunanya. Kini, telepon seluler telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern dan terus mengalami perkembangan pesat untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.