Warga Tanah Abang Jakarta Diajak Paham Program Bangga Kencana BKKBN

oleh

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat bersama Komisi IX DPR RI menggelar sosialisasi program Bangga Kencana kepada puluhan warga di Mes Cendrawasih, Jalan K.H. Mas Mansyur No.63, RT 5/9, Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Desember 2020.

Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) adalah bertujuan menciptakan keluarga berkualitas melalui pengendalian penduduk dalam rangka mewujudkan pertumbuhan yang seimbang.

Lisna Prihantini dari Direktorat Perencanaan dan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak sangat luas bagi masyarakat dan bagi keluarga-keluarga. BKKBN sebagai sahabat keluarga Indonesia, mengambil peran dalam mendampingi dan membantu keluarga Indonesia menghadapi pandemi ini.

“Kampanye, sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana terus dilakukan dengan penambahan substansi isi pesan tentang informasi terkait Covid-19, yang diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat dalam pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Lanjut Lisna, BKKBN melakukan kolaborasi dengan mitra kerja strategis untuk terus melaksanakan program Bangga Kencana, salah satunya melalui kegiatan Sosialisas, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja Tahun 2020 ini.

“Bentuk kebijakan dan langkah nyata yang dilakukan melalui kegiatan ini adalah promosi dan sosialisasi Program Bangga Kencana dan penyampaian informasi terkait COVID-19. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendekatkan program dengan masyarakat dan menghadirkan peran BKKBN di tengah keluarga Indonesia,” jelasnya.

Menurut Lisna, kegiatan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja Tahun 2020 secara umum bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemangku kepentingan dan penentu kebijakan serta pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga dan remaja tentang Program Bangga Kencana melalui integrasi edukasi yang melibatkan para pemangku kepentingan/penentu kebijakan serta mitra kerja.

“Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu yang juga merupakan perwakilan dari tiap keluarga yang tinggal di mes tersebut. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 30 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga anggota Komisi IX DPR RI Mesakh Mirin. Selain memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada peserta kegiatan sejumlah 30 paket, diberikan juga 970 paket bantuan social sembako yang akan didistribusikan ke penerima manfaat di mes Cendrawasih dan masyarakat sekitar. (*)