oleh

HUT Kabupaten Tangerang ke- 389 di Ketapang Aquaculture Mauk; Dari Udang Vaname Sampai Es Cendol Lele

TANGERANG, LENSAMETRO.com-  Pemkab Tangerang memperingati HUT Kabupaten Tangerang ke-389 di Desa Ketapang. Tepatnya di Ketapang Aquaculture atau yang biasa disebut warga Taman Magrove.

Di lokasi tersebut, Pemkab Tangerang
meresmikan program GERBANG MAPAN menuju Pesisir Sejahtera.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Program GERBANG MAPAN (Gerakan Membangun Masyarakat Pantai)  bukan saja dilihat untuk penataan kawasan pemukiman yang dibangun dengan sanitasi.

“Tapi juga untuk perekonomian masyarakat termasuk konversasi lingkungan, dimana di sini juga ada tempat untuk penyemaian, pembibitan dan pembesaran dari magrove-magrove yang ada, begitu juga dengan tambak ikan dan udang, ” ujar Zaki.

Kata Zaki,  ke depan masih ada satu tahun lagi program bersama sampai 2022 untuk pembangunan pusat pusat perekonomian yang ada di lokasi tersebut.

“Selain kawasan perumahan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan dan dikembangkan, ” imbuhnya.

Baca Juga ; Mahasiswa Di-smackdown Polisi di HUT Kabupaten Tangerang, Begini Kronolisnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menambahkan, selain pembangunan sarana dan prasarana infrakstuktur diantaranya saluran air, jalan, sepiteng komunal, sarana air bersih, pengembangan jaringan air minum, bedah rumah, pembangunan unit rumah baru wilayah, juga pendirian koperasi ketapang sejahtera.

“Serta bantuan sarana dan prasarana pengolahan dan perikanan, ” katanya.

Sementara, Ketua Pelaksana HUT Kabupaten Tangerang ke 389 Soma Atmaja mengungkapkan, Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir.

“Dengan momentum peringatan Hut Kab.Tangerang ke-389 dan dengan adanya program Gerbang Mapan menuju pesisir yang lebih sejahtera ini bisa meningkatkan kembali perekonomian masyarakat Kab. Tangerang, khususnya, di wilayah Ketapang Mauk,” ucap Soma.

Pantauan di lokasi, acara tersebut dilanjutkan dengan panen udang vaname, peninjauan kawasan konservasi hutan mangrove peninjauan rumah layak huni dan peninjauan tempat pelelangan ikan serta dermaga kapal nelayan yang dipandu tuan rumah Camat Mauk Arif Rachman Hakim.

Terdapat pula stand UMKM hasil perikanan yang dipamerkan para pelaku UKM seperti otak-otak, sampai es cendol dari ikan lele.

“Es cendol ikan lele ini pas manisnya,” ucap Mad Romli, Wakil Bupati Tangerang saat meneguk es cendol lele di gerai UKM bersama Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail dan Bupati Tangerang.(joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed