oleh

Call Center Panggilan Darurat 112 Kabupaten Tangerang Membingungkan

TANGERANG, LENSAMETRO.com- Call Center Panggilan Darurat 112 yang Kabupaten Tangerang penuh cerita.

Mulai aksi pingpong petugas layanan, tidak ada suara, sampai menyasar ke Layanan Siaga 112 DKI Jakarta.

Asep, salah satu warga Desa Margasari, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mengungkapkan, dirinya pernah dibuat bingung layanan darurat 112.

“Saya pernah telpon 112, nyambung sih tapi petugasnya malah menyuruh telpon ke 119,” ungkap Asep.

Karena penasaran, Asep kemudian kembali menelpon layanan nomor 119 sesuai arahan petugas. Namun, lagi-lagi diarahkan ke 112. “Jadi dipingpong gitu. Lalu saya tutup saja,” katanya.

Sementara, Chandra warga Kecamatan Kelapadua, Kabupaten Tangerang juga mengaku dibuat bingung. “Tidak ada suara petugasnya, saya sudah teriak-teriak hallo 112,” imbuhnya.

Adanya keluhan tersebut, lensametro.com kemudian melakukan uji coba untuk menghubungi Call Center Panggilan Darurat 112 Kabupaten Tangerang pada hari Rabu 28 Juli 2021 pukul 17. 17 Wib. Namun malah tersambung ke Layanan Siaga 112 DKI Jakarta.

Salah satu petugas layanan 112 DKI Jakarta yang mengaku bernama Rian dengan ramah. Namun, dirinya malah kebingungan setelah diberi tahu jika yang menelpon berasal dari wilayah Kabupaten Tangerang.

Singkat cerita, Rian memberikan solusi agar penelpon untuk mengunakan kode area Kabupaten Tangerang. Namun, petugas tersebut mengaku tidak mengetahui kode area tersebut.

“Kalau enggak, bapak pakai HP yang lain atau nomor yang lain deh,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Tangerang Tini Wartini mengatakan, layanan 112 tidak memerlukan kode area. Bahkan dirinya mengaku petugas layanan stand bye 24 jam.

“Mungkin pada saat telpon lagi perbaikan jaringan selular dari pusat. Jam berapa pada saat telpon, bisa dilacak,” ucap Tini kepada lensametro.com, Jumat (30/7/2021).

Tini juga menyarankan agar melakukan  tes ulang panggilan ke layanan darurat 112 Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan saran dari mantan Camat Sukamulya tersebut, lensametro.com kembali  menghubungi Call Center Panggilan Darurat 112 pada Jumat sekitar pukul 07.18 Wib. Hasilnya, lagi-lagi tersambung ke Layanan Siaga 112 DKI Jakarta.

Perlu diketahui, Pemkab Tangerang telah meluncurkan Panggilan Darurat Call Center 112 (NTPD 112) Kabupaten Tangerang pada 12 April 2021 yang lalu. (joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed