Selama 2023 BNN Tangsel Ungkap 3 Kasus, Sabu 1 Kg Lebih Disita

oleh -124 Dilihat
oleh
Selama 2023 BNN Tangsel Ungkap 3 Kasus, Sabu 1 Kg Lebih Disita

TANGSEL | Lensametro.com-, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan menyebut, selama tahun 2023, telah mengungkap 3 kasus peredaran narkotika.

Dari 3 kasus yang berhasil dibongkar itu, BNN Kota Tangerang Selatan menyita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,82 gram, ganja 940 gram, dan sabu 1,2 kilogram.

“Dengan ketiga kasus ini, kami berhasil berhasil selamatkan masyarakat Tangsel dari peredaran gelap narkoba,” Kata Kepala BNN Kota Tangsel Satria Ika Putra di kantor BNN, Serpong, Kota Tangsel, Jumat (22/12/2023).

Ia menjelaskan, pada kasus pertama diamankan 3 orang pengedar di daerah Pamulang. Dari ungkap kasus ini, disita barang bukti sabu seberat 1,82 gram.

Kemudian kasus kedua, tim BNN mengamankan ganja golongan 1 yang merupakan hasil temuan dari perusahaan ekspedisi barang. Kasus ini masih dalam pengembangan.

Kemudian, kasus ketiga, tim BNN menangkap tangan salah seorang sekuriti di wilayah Cikupa, Kabupaten Tangerang. Sabu golongan 1 seberat 1,2 kilogram turut diamankan dari tangan pelaku. Narkotika jenis sabu itu disembunyikan di dalam gulungan benang pancing.

Satri menambahkan, di tahun 2023 ini, BNN Tangsel melakukan upaya pencegahan dengan mengadakan sosialisasi terkait bahaya narkoba dan deteksi dini dengan kegiatan cek urine di lingkungan masyarakat Tangsel.

“Untuk deteksi dini melalui tes urine ada 2803 orang yang telah mengikuti kegiatan tersebut, berasal dari lingkungan pendidikan 1973 orang, lingkungan masyarakat 212 orang, 43 orang dari lingkungan swasta, dan 575 orang peserta tes urine yang berasal dari lingkungan pemerintahan/lembaga,” kata satri.

BNN juga sudah melakukan program rehabilitasi, terhadap 72 orang di Tangsel, 56 mengikuti program rawat jalan di Klinik Pratama BNN Kota Tangsel, serta 16 orang mengikuti program IBM yang berasal dari Kelurahan Pondok Cabe dan Kelurahan Sawah Baru.

“Lima orang sudah melakukan rawat inap di Balai Besar Rehabilitasi BNN, dan sebanyak 26 orang telah selesai menjalani proses rehabilitasi,” ucap dia.

Dalam program pasca rehabilitasi ini, diharapkan 72 orang dapat pulih serta bisa lebih produktif dan membuat hidup lebih sehat dan bisa ikut bersama BNN untuk menyebarkan informasi terkait efek samping serta bahaya narkotika.

Adapun untuk jasa layanan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BNN Kota Tangsel telah melayani sebanyak 575 warga Kota Tangsel. (Jody).

No More Posts Available.

No more pages to load.