Sekda Minta Warga Perantau Minang Jaga Budaya dan Eratkan Persaudaraan

oleh -317 Dilihat
oleh
Sekda Minta Warga Perantau Minang Jaga Budaya dan Eratkan Persaudaraan
photo:istimewa

Lensametro.com,- TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menghadiri Semarak Budaya Minangkabau dan malam amal pembangunan Masjid Al Minangkabawi di Mardigrass Citraraya Kelurahan Mekar Bakti Kecamatan Panongan, Minggu, 19/11/23.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan, Kabupaten Tangerang merupakan daerah heterogen, baik suku, budaya, dan agama. Namun, kesemuanya hidup berdampingan, rukun, dan damai dalam bingkai kebhinnekaan, termasuk masyarakat Minang di Tangerang. Untuk itu, Sekda minta masyarakat Minang terus menjaga budaya, persatuan, dan saling menghargai satu dengan lainnya.

“Budaya Minang di Tangerang terus dilestarikan, ditambah lagi pembangunan Masjid Al Minangkabawi di Cikupa, diharapkan bisa membuat perantau Minang lebih erat lagi,” kata Sekda.

Sekda juga mengatakan, Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Cikupa sebagai wadah komunitas perantau bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Menurutnya, pembangunan Masjid Al Minangkabawi bukan hanya mengeratkan kekeluargaan muslim Minang di Cikupa tetapi juga umat Islam di sekitar. Mereka semua harus memakmurkan masjid sebagai sarana ibadah sekaligus tempat berkumpul dan silaturahmi sesama muslim di Cikupa.

“Saya berharap kebersamaan ini terus dirawat dan dijaga. Mari kita makmurkan Masjid Al Minangkabawi dengan pembangunannya untuk kemaslahatan bersama, seluruh masyarakat,” tuturnya.

Ketua Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Cikupa Irfan Saumi melaporkan pembangunan lantai 1 Masjid Al Minangkabawi sebagai tahap pertama sudah selesai. Selanjutnya, pada tahap kedua akan dibangun lantai dua. Pihaknya mengajak masyarakat rantau Minang bergandeng tangan dan gotong royong  menyelesaikan pembangunan masjid tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Tangerang melalui Pak Sekda yang dari awal peletakan batu pertama terus mendukung pembangunan sekaligus memberikan support, terlebih bapak memiliki¬† darah Minang,” ujar Irfan.

Acara Semarak Budaya Minangkabau dan malam amal pembangunan Masjid Al Minangkabawi dihadiri oleh warga rantau Minang se-Jabodetabek, Sekcam Panongan Rizkia, Lurah Mekarbakti Ucu Darsono dan seluruh pengurus IKM Cikupa.(rill)

No More Posts Available.

No more pages to load.