Sekda Kabupaten Tangerang Tinjau Kapal Pengangkut Sampah Pemberian Coldplay

oleh -459 Dilihat
oleh
Sekda Kabupaten Tangerang Tinjau Kapal Pengangkut Sampah Pemberian Coldplay

TANGERANG | Lensametro.com-, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Muhammad Maesyal Rasyid meninjau kapal Neon Moon II di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Senin (29/11/2023).

Kapal interceptor pembersih sampah di Sungai Cisadane itu merupakan bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay.

Masesyal mengungkapkan, penanganan sampah khususnya di Sungai Cisadane bukan hanya tanggung jawab Kabupaten Tangerang, melainkan semua pihak, utamanya wilayah yang dilintasi Sungai Cisadane seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor.

“Upaya penangan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi,” ujar Maesyal.

Ia melanjutkan Kapal Neon Moon II, pembersih sampah Sungai Cisadane dapat menampung kurang lebih 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali.

Maesyal juga mengapresiasi band Coldplay dan Ocean Cleanup Amsterdam Belanda atas bantuan kapal pembersih sampah untuk Pemerintah Kabupaten Tangerang. Kapal bantuan itu saat ini sudah berlabuh di Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang.

“Semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang terbawa aliran-aliran Sungai Cisadane dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama nantinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan, saat ini sedang dilaksanakan pelatihan kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II. Diproyeksikan, pada akhir Januari 2024, bisa dioperasikan secara penuh.

“Saat ini kita sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraining pengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh,” jelas Fachrul Rozi.

Dia menambahkan, nantinya kapal sampah akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane. Selanjutnya sampah dibawa ke TPS untuk dipilah. Kemudian akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipakai kembali. (Don/rilis).

No More Posts Available.

No more pages to load.