oleh

Kota Serang Bakal “Panen” 400 Ton Sampah Setiap Hari dari Kota Tangsel

SERANG,LENSAMETRO— Sebanyak 400 ton sampah setiap hari dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan dibuang ke Kota Serang, Banten.

Demikian rencana dari isi Memorandum of Understanding (MoU) antar ke dua kota di Provinsi Banten tersebut.

Meskipun belum final dibahas secara teknis. Namun, wacana Perjanjian Kerjasama tersebut telah mengemuka bahwa  Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong bakal menerima 400 ton sampah dari Tangsel setiap hari.

Menanggapi adanya MoU tersebut, warga sekitar mengaku keberatan adanya kerjasama pembuangan sampah asal Kota Tangsel ke TPSA Cilowong.

Eni Jumaeni, Ketua RT 12 Lingkungan Pasir Gadung yang tidak jauh dari TPSA mengatakan, warga sekitar menolak rencana Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel tersebut.

Ia beralasan, warga sekitar akan dirugikan. Karena di lokasi rawan longsor.

“Kami warga di sini akan menolak, alasannya karena yang ditakuti kami akan ada bencana longsor. Inikan imbasnya ke masyarakat. Toh udah ada buktinya,” ketus Eni saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/1/2021).

“Sampah dari Kabupaten dan Kota Serang saja kan sudah banyak, apalagi ditambah dari Tangsel, tentu makan bertambah dong,” imbuhnya.

Terang Eni, saat ini kondisi TPSA Cilowong sangat berantakan. Sehingga dikhawatirkan bisa berakibat fatal bagai kesehatan masyarakat sekitar selain bencana longsor.

“Sekarangmah acak-acakan sampahnya, tingginya saja 30 meter kalau saya lihat mah. Tambah waswas inimah sama tambah tidak bisa tidur,” katanya.

Meskipun demikian, ia berharap pejabat dari Pemkot Serang mendatangi warga terlebih dahulu untuk memusyawarahkan, sehingga mengetahui keluhan-keluhan dari masyarakat.

“Ini tidak ada sosialisasinya, ada juga beberapa hari yang lalu saya  ditelpon disuruh datang ke Kantor lelurahan. Saya sengaja tidak datang pasti disuruh tandatangan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Serang dan Tangsel sedang intens membahas kerjasama pembuangan sampah.

BACA JUGA ; Wow! Sampah dari Kota Tangsel Akan Dibuang ke Kota Serang

Rencananya sampah dari Kota Tangsel akan dibung ke wilayah Kota Serang. (dra/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed