oleh

UMN Latih Prajurit TNI Gunakan Pangkalan Data Melalui Microsoft Access

TANGERANG, LENSAMETRO.com— Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melatih 40 prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 052/Wijayakrama dan jajaran pengolahan administrasi dan pangkalan data (database) menggunakan Microsoft Access, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan yang dihelat di Kampus UMN tersebut turut dihadiri Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMN Dr. Winarno dan Kepala Informasi dan Pengolahan Data (Kainfolahta) Korem 052/Wijayakrama Kapten Chb Wahidin.

Ketua tim pelatih dalam kegiatan tersebut Fenina mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar prajurit dan pegawai di lingkungan Korem 052/Wijayakrama mampu mengolah pangkalan data (database) menjadi informasi yang berguna.

“Tim pelatih terdiri dari lima dan dan enam mahasiswa dari Prodi Informatika Fakultas Teknik dan Informatika UMN,” ujarnya di lokasi kegiatan.

Prajurit TNI Korem 052/Wiajayakrama bersama di Kampus UMN/lensametro

Pelatihan akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, peserta diperkenalkan pada pengetahuan dasar Microsoft Acces, seperti query, relasi dan pembuatan tabel. Kemudian pada hari kedua, peserta akan berlatih membuat form lengkap dengan pangkalan datanya (database-nya).

Direktur LPPM UMN Dr. Winarno mengatakan, kegiatan pelatihan Microsoft Access ini adalah wujud pengabdian kepada masyarakat dari UMN, dimana Microsoft Access merupakan piranti lunak (software) manajemen basis data.

Pada era sekarang ini, kata dia, keahlian mengelola pangkalan data sangat penting. Bahkan semua orang termasuk jajaran Korem 052/Wijayakrama sekarang dihadapkan kepada pengelolaan data besar (big data) karena data semakin besar jumlahnya.

“Salah satu keahlian yang sedang menjadi trend saat ini adalah data science. Oleh sebab itu dengan belajar penggunaan software database, maka kita telah mengikuti perkembangan teknologi,” ujar Winarno.

Sementara, Kepala Pengabdian Kepada Masyarakat UMN Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara LPPM UMN dengan mitra, khususnya Korem/ 052/Wijayakrama.

“Kegiatan ini bukan yang pertama kali. Kamj sudah melatih jajaran Korem 052/Wijayakrama agar memahami Microsoft Exel, Power Point. Bahkan materi-materi kekinian seperti pembuatan presentasi multimedia menggunakan aplikasi Canva dan editing video,” ujar Indiwan.

Tujuan kegiatan ini adalah mewadahi kebutuhan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Semua dosen diwajibkan untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai bagian dari kewajiban utama dosen selain mengajar serta meneliti. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa mendekatkan kampus  dengan masyarakat sekaligus menghilangkan stigma kampus hanyalah sebuah menara gading yang tidak dekat dengan masyarakat sekitar.

UMN akan selalu terbuka atas permintaan mitra dalam pelaksanaan pelatihan sesuai kebutuhan. Dalam waktu dekat, pihak UMN dan Korem 052/Wijayakrama akan bekerjasama menggelar pelatihan jurnalistik penulisan pres rilis dan pelatihan pembuatan presntasi menggunakan Canva. (rim/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed