Pemkab Tangerang Peringati Hari Pahlawan 2023

oleh -442 Dilihat
oleh
Pemkab Tangerang Peringati Hari Pahlawan 2023
Pj Bupati Tangerang, Peringatan Hari Pahlawan.Photo :istimewa

Lensametro.com | Hari Pahlawan 2023,- Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023 dengan khidmat. Upacara tersebut dipimpin langsung Pj Bupati Tangerang Andi Ony P di TMP Raden Aria Wangsakara Lengkong Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, Jumat, (10/11/23).

Hari Pahlawan adalah momen penting bagi Indonesia setelah kemerdekaan. Peringatan Hari Pahlawan ini dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November dan merupakan momen penting dalam menumbuhkan rasa hormat terhadap jasa para pahlawan dan menegaskan kembali bahwa nilai dari perjuangan itu yang mengubah tata kehidupan masyarakat kini.

Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang. Peringatan Hari Pahlawan berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945, yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Pertempuran ini terjadi setelah Indonesia memperoleh kemerdekaan dan menjadi pertempuran pertama setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Pada 29 Oktober 1945 terjadi gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak Inggris, sehingga keadaan mulai membaik.Tangerang,– Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Merdeka atau Mati! Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Pj Andi Ony mengatakan Keberanian para pejuang dalam membela kebenaran dan mengutamakan kepentingan bangsa adalah pelajaran berharga bagi kita semua Kita tidak akan menyerah kalah. Ancaman dan tantangan sebesar apapun akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora sebagai generasi penerus bangsa
Hari Pahlawan tahun 2023 mengambil tema : “SEMANGAT PAHLAWAN UNTUK MASA DEPAN BANGSA DALAM MEMERANGI KEMISKINAN DAN KEBODOHAN”.

Semangat Hari Pahlawan tidak hanya dirayakan setahun sekali, tetapi dapat menjadi pijakan dalam tindakan sehari-hari. Setiap tindakan kita, setiap keputusan ekonomi yang dibuat sudah sepatutnya menjadi bagian dari langkah mengobarkan semangat Pahlawan dalam membangun Ekonomi Nusantara, mewujudkan Indonesia menjadi lebih sejahtera. Meminjam arti pahlawan ke dalam tema, maka Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) dapat dikatakan sebagai orang-orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membebaskan diri dari ketergantungan terhadap bantuan sosial Pemerintah (graduasi) dengan mengembangkan kemampuan berwirausaha.

Terhadap kegigihan para Pahlawan Ekonomi Nusantara dalam berjuang meningkatkan kesejahteraannya, kita memiliki harapan besar bahwa ke depan akan ada semakin banyak rakyat Indonesia yang mampu mengambil peran sebagai penggerak roda ekonomi negara, pencipta lapangan kerja, dan berkontribusi positif bagi kesejahteraan rakyat. Ekonomi pun diharapkan menjadi lebih inklusif ketika usaha-usaha kecil dilibatkan dan dikembangkan serta industri lokal didukung dan tumbuh menjadi pelaku-pelaku inovasi ekonomi yang bermanfaat nyata bagi masyarakat. Dengan semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara yang diwujudkan dalam tindakan nyata, kita berharap genderang peperangan terhadap kemiskinan terus ditabuh agar rakyat semakin sejahtera.

Semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara harus diwujudkan secara nyata, bukan hanya sekadar asa. Inilah yang akan membawa perubahan positif bagi Indonesia

Dia berharap melalui momentum Hari Pahlawan tahun 2023 ini, nilai-nilai kebangsaan dan semangat dapat terus dijaga dan ditingkatkan untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berjuang, bersinergi dan berkolaborasi untuk memberantas kebodohan dan kemiskinan di seluruh wilayah sebagai bukti nyata mengisi kemerdekaan saat ini.

Setelah melakukan Upacara Ziarah di TMP Raden Aria Wangsakara Pj Andi Ony P bersama perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang, TNI, Polri, para kepala OPD serta perwakilan peserta upacara melakukan doa bersama dan tabur bunga.(ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.