Pemkab Tangerang Gelar Puncak Peringatan HUT Korpri, HUT PGRI, Hari Kesehatan, dan Hari Guru Secara Sederhana dengan Nuansa Kebersamaan

oleh -433 Dilihat
oleh
Pemkab Tangerang Gelar Puncak Peringatan HUT Korpri, HUT PGRI, Hari Kesehatan, dan Hari Guru Secara Sederhana dengan Nuansa Kebersamaan

TANGERANG| Pemkab Tangerang menggelar rangkaian puncak kegiatan Peringatan HUT -52 Korpri, HUT ke-78 PGRI, dan Hari Kesehatan ke-59, serta Hari Guru di GSG Puspemkab Tangerang, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan peringatan yang dilaksanakan secara bersamaan itu diisi dengan kegiatan sederhana namun penuh makna kebersamaan. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid.

Dalam sambutannya, Maesyal mengungkapkan, rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59, HUT ke-52 Korpri, HUT ke-78 PGRI, dan Hari Guru tingkat Kabupaten Tangerang digelar dengan sederhana dan penuh kebersamaan untuk seluruh pegawai dan masyarakat.

“Seluruh rangkaian kegiatan hari ini, kita lakukan dengan sederhana dan penuh kebersamaan. Tadi kita sudah melaksanakan gerak jalan dan juga memberikan bantuan kepada masyarakat dengan pangan murah dan saat ini dari aspek kesehatan kita memberikan paket PMT, sembako kepada ibu hamil dan balita,” ungkap Maesyal.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kerjasama dan sumbangsih yang telah diberikan dan berpesan kepada seluruh pegawai yang hadir untuk tidak mengeluh dan lelah melayani masyarakat.

“Kepada seluruh peserta yang hadir, baik yang dari dunia kesehatan, RSUD, rumah sakit dan juga pimpinan Puskesmas, jangan pernah lelah melayani kesehatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya dalam memperingati HUT ke-52 Kopri dan Hari Kesehatan, Kopri Kabupaten Tangerang di bawah kepemimpinan Maesyal, telah menggelar pekan donor darah yang dilaksanakan di Sekretariat Korpri Gedung Usaha Daerah (GUD) Puspemkab Tangerang, Rabu (1/11/23).

Tercatat tidak kurang dari 150 orang berpartisipasi mendonorkan darahnya tak terkecuali Pj Bupati Tangerang Andi Ony dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Tangerang.

“Pekan donor darah ini merupakan rangkaian HUT Korpri ke-52 tahun. ASN mengabdi untuk negeri, mendonorkan darahnya bagi yang membutuhkan dan menyelamatkan jiwa manusia,” kata Maesyal.

Ia melanjutkan menurut World Health Organization, kebutuhan darah di suatu negara itu sekitar dua persen dari jumlah penduduk. Dari 280 juta penduduk Indonesia, artinya bisa dibayangkan lebih dari 5 juta kantong darah yang kita butuhkan untuk memenuhi dan menolong jiwa manusia.

Dia pun mengajak seluruh aparatur pemerintah dapat berkontribusi mendonorkan darahnya sebagai salah bagian melayani masyarakat.

“Ayo Korpri melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk Negeri. Setetes darah kita menyelamatkan jiwa manusia,” ucapnya.

Selain pekan donor darah, Korpri Kabupaten Tangerang terus berbenah diri dan peduli kepada masyarakat dengan layanan mobil ambulance, mobil jenazah, hingga Klinik Korpri yang melayani masyarakat dalam membutuhkan obat dan perawatan kesehatan.

Disamping itu, di sektor pendidikan Korpri juga menyelenggarakan layanan pendidikan setingkat SMP dan SMA di Kecamatan Tigaraksa untuk mencerdaskan generasi anak bangsa.

Sebagai wujud ungkapan syukur dan terima kasih kepada para purna bakti yang telah mendidikasikan seluruh tenaga dan pikirannya dalam membangun Kabupaten Tangerang, Kopri Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan juga menggelar senam bersama dan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia pensiunan Pemkab Tangerang.

Kegiatan itu dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional Ke-59 dan HUT Kopri ke-52 di Halaman Pendopo Bupati Tangerang, Jl. Ki Samaun Kota Tangerang Senin, (20/11/23). Melaui kegiatan itu, Maesyal berharap para lansia, purna bakti Pemkab Tangerang bisa saling bertatap muka kembali, bersilahturahmi dan mengenang masa-masa yang sulit dilupakan.

Tak kalah penting lanjut dia adalah para lansia bisa ceria dan bahagia serta tetap mampu memberikan sumbangsih dan pengalamannya untuk pembangunan.

“Lansia di Kabupaten Tangerang harus tetap ceria, sehat, bugar dan energik. Setelah purna tugas masih pun dapat memberikan sumbangsih dan pemikirannya serta pengalamannya dalam pembangunan Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Ketua forum Pensiunan Pemkab Tangerang Ilham Khoir mengungkapkan kegiatan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan bagi para pensiunan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan temu kangen. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang senantiasa peduli dan memperhatikan para pensiunan Pemkab Tangerang.

“Silaturahmi merupakan obat bagi para lansia. Pengetahuan kesehatan dan melakukan aktivitas senam bersama yang kita lakukan hari ini memberikan energi positif bagi kami, rekan kerja terdahulu,” ucapnya.

Setelah melakukan senam bersama, selanjutnya para lansia diberikan pengetahuan tentang gizi dan pemeriksaan kesehatan berupa cek tekanan darah, kolesterol dan konsultasi kesehatan oleh Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang.

Hadir pula pensiunan mantan pejabat Pemkab Tangerang seperti alm. H. Nanang Komara mantan sekda, mantan Kadis Pertanian Jarnaji, Didin Samsudin, Slamet Setiawan, Mohamad Hidayat dan para purna bakti lainnya.

Puncak rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-59, HUT ke-52 Korpri, HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru tingkat Kabupaten Tangerang digelar di Lapangan Raden Aria Yudhanegara dan GSG Puspemkab Tangerang. Kegiatan diisi dengan acara jalan santai dan bazar murah paket sembako untuk masyarakat sekitar Puspemkab Tangerang.

Kegiatan gerak jalan santai dilepas langsung oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony. Kemudian sekitar 1000 paket bahan pokok senilai Rp150 ribu dijual seharga Rp50 ribu kepada masyarakat.

Seluruh ASN bersatu padu dan bergandengan lengan untuk membantu program pemerintah mengurangi dampak inflasi serta mengurangi stunting yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata Andi Ony.

Andi Ony mengapresiasi kegiatan dan berharap melalui kegiatan jalan santai, bazar sembako murah tersebut dapat meningkatkan semangat dan partisipasi seluruh ASN, guru dan tenaga kesehatan terhadap tugas dan fungsinya sebagai abdi negara sekaligus juga sebagai abdi masyarakat.

Kembali ke Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid. Saat membuka acara di GSG dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59, HUT ke-52 Korpri, HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru, dia menandaskan, kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama sangat penting serta tidak kata lelah dalam melayani masyarakat.

“Kepada seluruh peserta yang hadir, baik yang dari dunia kesehatan, RSUD, rumah sakit dan juga pimpinan Puskesmas, jangan pernah lelah melayani kesehatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat,” pesannya.

Ia melanjutkan Pemkab Tangerang akan melaksanakan penanganan kesehatan khususnya terkait dengan penanganan Stunting, beriringan dengan upaya-upaya penanganan kemiskinan secara menyeluruh yang pencanangannya dilaksanakan di Kecamatan Mauk bersama dengan seluruh OPD yang terkait.

“Untuk penanganannya bisa melibatkan PKK dalam membantu pemberian makanan tambahan bersama Dinas Kesehatan, yang nanti yang akan memberikan suplemen, ada yang melaksanakan tugas pembangunan air bersih, nanti akan kita laksanakan tahun 2023 akhir di Kecamatan Mauk”. pungkasnya. (ADV).

No More Posts Available.

No more pages to load.