Pakades, Strategi Penuntasan Masyarakat Putus Sekolah Kabupaten Tangerang

oleh -833 Dilihat
oleh
Pakades, Strategi Penuntasan Masyarakat Putus Sekolah Kabupaten Tangerang

Lensametro.com | Pendidikan,- Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang merumuskan program percepatan guna menuntaskan masyarakat putus sekolah. Program itu adalah Pakades, akronim dari Program Pendidikan Kesetaraan Tingkat Desa.

“Program Pakades ini dijalankan dengan membangun kerja sama dengan pemerintah desa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana, Jumat (8/12/2023).

Dadan mengatakan, angka putus sekolah di Kabupaten Tangerang saat ini masih masih harus diverifikasi.

“Dari gambaran tersebut, maka diperlukan upaya kolaborasi penuntasan angka putus sekolah dengan melibatkan stakeholder terkait kesempatan menuntaskan dan melanjutkan pendidikan formal 12 tahun yaitu pemerintah desa,” papar Dadan.

Bentuk konkret Program Pakades adalah penyelenggaraan pendidikan formal atau informal yakni program kesetaraan ijazah Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP/Mts), dan Paket C (setara SMA/MA). Nantinya, masyarakat putus sekolah akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pendidikan di program itu.

“Melalui Program Pakades, diharapkan tercipta percepatan penuntasan masyarakat putus sekolah sehingga bisa menaikkan taraf pendidikan terutama bagi masyarakat yang masuk kategori kemiskinan ekstrem,” terang Dadan.

“Serta melalui Program Pakades, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Dadan menambahkan.

Dadan menyampaikan, Program Pakades membawa banyak manfaat bagi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa. Sebab, akan mempercepat upaya penuntasan masyarakat putus sekolah.

“Dan tentu saja akan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat yang mengakses Program Pakades,” tandasnya.(ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.