Operasi Jagratara, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta Jaring 3 WNA Pelanggar UU Keimigrasian

oleh -235 Dilihat
oleh
Operasi Jagratara, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta Jaring 3 WNA Pelanggar UU Keimigrasian

JAKARTA | Lensametro.com-, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta berhasil mengamankan 3 Warga Negara Asing (WNA) atas dugaan Pelanggaran Keimigrasian. Terduga berinisial JA dan GN Warga Negara Nigeria, diduga melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian karena memiliki alamat tinggal/domisili yang tidak sesuai izin tinggal.

Serta Warga Negara Zimbabwe berinisial BB yang diduga melanggar Pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, karena overstay selama 103 hari.

Ketiga WNA itu selanjutnya diamankan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait aktivitasnya selama berada di Indonesia.

Ketiga WNA tersebut diamankan pada Operasi Pengawasan “JAGRATARA” dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pelaksanaan Pemilu 2024, serta Pilkada 2024.

Operasi ini dilakukan serentak di wilayah kerja Imigrasi Soekarno-Hatta pada Kamis (28/12/2023) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta sejumlah apartemen di Kecamatan Cengkareng dan Kalideres.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Subki Miuldi mengungkapkan, operasi JAGRATARA dilaksanakan di tengah-tengah tingginya mobilitas pelaku perjalanan luar negeri selama masa liburan akhir tahun 2023 dan persiapan pesta demokrasi 2024.

Hal ini dilakukan karena lonjakan pelaku perjalanan internasional di akhir tahun 2023 berbanding lurus dengan peningkatan risiko keamanan dan ketertiban umum.

“Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meminimalisir risiko keamanan yang ditimbulkan dari tingginya mobilitas pelaku perjalanan internasional, terutama Warga Negara Asing yang masuk ke Indonesia selama libur akhir tahun 2023”, kata Subki, Jumat (29/12/2023) melalui keterangan tertulis. (Don/rilis).

No More Posts Available.

No more pages to load.