oleh

Hewan Layak Kurban di Kabupaten Tangerang Dipasang Tanda Beginian, Ini Penampakannya

TANGERANG, LENSAMETRO.com-  Sejumlah hewan kurban di Kabupaten Tangerang dipasang tanda oleh dinas setempat.

Pemasangan tanda yang berbentuk bulat dengan logo Pemkab Tangerang tersebut dilakukan oleh petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 106 petugas diterjunkan untuk melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan dijual oleh pedagang pada Idul Adha 1442 Hijriah.

“Sebanyak 106 personel yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 29 kecamatan,” ujar Hustri Widayani, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dispertan Kabupaten Tangerang kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

Hustri Widayani menuturkan, pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kesehatan hewan ini bertujuan untuk aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan berqurban.

“Sebanyak 11 dokter kesehatan hewan juga dikerahkan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, motede periksaan yang dilakukan petugas di lapangan terhadap hewan kurban yakni mulai dari cek suhu tubuh, nafas, mata dan nadi serta gerak hewan.

Baca Juga ; Terpukul Corona, ini 4 Keluhan Penggiat Koperasi di Kabupaten Tangerang

“Memastikan tidak memiliki gejala penyakit yang membahayakan sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” tukasnya

Selain dari kesehatan, pemeriksaan juga dilakukan kepada usia hewan yang  dijual di pasaran seperti memeriksa gigi pada sapi dan domba.

“Dari hasil pengecekan pada umumnya hewan yang ada di lapak pedagang semuanya sehat, tapi ada juga beberapa hewan yang diare karena mungkin stres akibat dari perjalanan atau menyusuaikan pangan baru,” jelasnya.

Hustri menambahkan, bagi hewan yang dinyatakan sehat dan usianya mencukupi. Maka, petugas dilapangan akan memberikan tanda serta surat keterangan layak kurban.

“Hewan dinyatakan sehat diberi tanda sehat dan layak,” pungkasnya. (fan/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed