KABUPATEN TANGERANG | LENSAMETRO.COM,–Kabupaten Tangerang akhirnya berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-19 Tingkat Propinsi Banten. Ketua Dewan Hakim MTQ ke-19 Tingkat Propinsi Banten menobatkan Kabupaten Tangerang sebagai juara umum dengan nilai total 134 mengungguli raihan point Kabupaten Serang dan Kota Tangerang, Kamis (01/12/22).

Gelar juara umum MTQ Tingkat Propinsi merupakan buah dari perjuangan, usaha yang tak kenal henti dan lelah selama lebih dari 10 tahun. Untuk itu pada tahun 2023 ini, Pemkab Tangerang bersama LPTQ Kabupaten Tangerang didukung oleh MUI, Kementerian Agama, OPD dan seluruh masyarakat bertekad, One Team, One Spirit, One Goal mempertahankan juara umum MTQ Tingkat Propinsi Banten dan menghantarkan duta-duta terbaik yang dapat mewakili dan mengharumkan nama Kabupaten Tangerang di tingkat yang lebih tinggi lagi, baik nasional maupun internasional.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kabupaten Tangerang yang digelar di Alun-alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang. Bupati Zaki mengatakan pelaksanaan MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Tangerang ini merupakan MTQ yang pertama dilakukan diantara kabupaten-kota yang lain di Provinsi Banten.

“Sengaja kita lakukan MTQ Tingkat Kabupaten Tangerang di awal karena untuk memperpanjang proses pembinaan dan pelatihan kepada para qori-qoriah asal Kabupaten Tangerang sehingga juara umum bisa kembali dipertahankan oleh Kontingen Kabupaten Tangerang,” Ucap Bupati, Senin (09/01/23).

Bupati Zaki juga menyatakan kesiapannya apabila Kabupaten Tangerang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Banten yang ke-20 kepada LPTQ Provinsi Banten dan Kemenag Provinsi Banten yang juga turut hadir pada acara pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Kabupten Tangerang. “Kami sudah melayangkan surat permohonan pengajuan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan MTQ ke-20 Tingkat Provinsi Banten. Mudah-mudahan niat dan harapan itu bisa terwujud,” harapnya.

Ketua LPTQ Kab. Tangerang Drs. H. Moch Maesyal Rasyid, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa MTQ ke-53 Tingkat Kab. Tangerang 2023 diselenggarakan mulai tanggal 9 sampai dengan 12 Januari 2023, dengan total peserta sebanyak 1.197 orang yang akan mengikuti 9 cabang perlombaan dan 138 dewan hakim. “MTQ ke-53 Tingkat Kab. Tangerang 2023 dilaksanakan di 13 arena di Pusat Pemerintahan Tigaraksa dengan tema “Berlandaskan Semangat Al-Qur’an, Kita Wujudkan Masyarakat Yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera,” tutur Maesyal Rasyid.

Ketigabelas arena MTQ ke-53 Tingkat Kab. Tangerang tersebut antara lain: Arena I di Alun-alun Tigaraksa untuk Tilawah dewasa dan Qiroat Sab’ah, kedua di Aula Masjid Agung Tigaraksa untuk MHQ 5 juz dan Tilawah Remaja, ketiga Masjid Al Muhdi Bugel untuk Canet dan Murotal, keempat Masjid An Nur Saga PWS Tigaraksa untuk MHQ 1 juz dan Tilawah anak-anak, kelima di Masjid Al Muhajirin Perum PWS Tigaraksa untuk Sa’bah Murotal Dewasa dan Remaja, keenam Masjid Al Huda Katomas Tigaraksa untuk MHQ 10 dan 20 juz, ketujuh Lt 2 Masjid Agung Al Amjad Tigaraksa untuk Tafsir dan MHQ 30 juz. Selanjutnya kedelapan Mushola Nurul Iman PWS Tigaraksa untuk MQK Ula dan Hifdzil Hadist, kesembilan di Gedung MUI Kab. Tangerang untuk MQK Wustho dan Ulya, kesepuluh ada di GSG Puspemkab Tigaraksa untuk MSQ, sebelas GSG Kec. Tigaraksa untuk MFQ. Arena duabelas dan tigabelas dilakukan di MTs Al Husna Bugel untuk perlombaan MMQ dan Kaligrafi.

Dia menambahkan para juara 1, 2 dan 3 MTQ ke-53 Tingkat Kab. Tangerang ini akan mendapatkan piala, piagam dan hadiah serta piala bergilir bagi peraih juara umum. MTQ ke-53 Tingkat Kab. Tangerang dibuka dengan pawai devile dari para kafilah dari 29 Kecamatan dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim.

Setalah 4 hari perhelatan, akhirnya MTQ Ke-53 Kabupaten Tangerang ditutup secara resmi oleh Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar. Pada kesempatan tersebut Bupati Zaki mengatakan penyelenggaran MTQ yang lebih awal ini diharapkan memberikan waktu yang cukup untuk persiapan dan pembinaan para juara untuk menghadapi dan mempertahankan juara umum MTQ Provinsi Banten yang akan diselenggarakan di Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah malam hari ini Musabaqah Tilawatil Quran ke-53 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2023 selesai dilaksanakan. Semoga para pemenang atau para kafilah ini bisa langsung dibina dan diarahkan untuk mewakili Kabupaten Tangerang ke tingkat Provinsi Banten dan bisa kembali mempertahankan gelar juara umum MTQ,” ungkap Bupati Zaki.

Bupati menekankan berakhirnya MTQ bukanlah akhir perjuangan dalam menjalankan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Quran. Menurut Bupati, musabaqah ini bisa dilanjutkan di rumah masing-masing dengan membaca Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Seperti yang dikatakan Kyai Turmuji, saya berharap MTQ atau musabaqah ini bisa kita lanjutkan di rumah masing-masing dengan membaca Quran di setiap rumah masing-masing. Semoga ini menjadi pemicu semangat bagi masyarakat Kabupaten Tangerang untuk menghayati dan melantunkan serta melafazkan ayat suci Al Qur’an,” tandasnya.

Dia juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dengan harapan semoga prestasi yang berhasil diraih bisa terus dipertahankan dan diasah sehingga dapat berprestasi di tingkat yang lebih tinggi. “Selamat kepada seluruh pemenang yang telah berjuang hingga meraih juara. Jangan berpuas diri, teruslah berlatih dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi event yang lebih tinggi lagi,” tuturnya

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengungkapkan rasa syukur karena MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Tangerang berjalan lancar sesuai harapan. “Alhamdulillah, MTQ Tingkat Kabupaten Tangerang bisa terselenggara tuntas. Masyarakat juga terlihat sangat antusias menikmati penutupan MTQ ini,” kata pria yang akrab dipanggil Rudi Maesyal.

Rudi melanjutkan untuk menghadapi MTQ ke-20 Tingkat Provinsi Banten, dia mengharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang bisa memberikan dukungan, semangat serta doa agar MTQ ke-20 tingkat Provinsi Banten berjalan lancar di Kabupaten Tangerang. “Kita, Kabupaten Tangerang sangat siap menjadi tuan rumah dan siap merebut juara umum,” tegasnya

Sementara itu Sekretaris Koordinator Dewan Hakim MTQ ke-53, Drs. H. Asep Maman Kurnia, M.Si yang membacakan Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ Nomor: 054/SK.LPTQ-KAB/I/2023, tanggal 12 Januari 2023 Tentang Penetapan Juara Umum MTQ Ke 53 Tingkat Kab. Tangerang Tahun 2023, menetapkan Kecamatan Kosambi sebagai juara umum MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Tangerang dengan raihan point 53, mengungguli Kecamatan Kronjo dan Kecamatan Pakuhaji.

Camat Kosambi, Dadang Sudrajat mengungkapkan rasa syukur dan harunya atas raihan juara umum yang berhasil direbut Kecamatan Kosambi. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kecamatan Pakuhaji karena keberhasilan ini bukalah kemenangan Kafilah Kec. Kosambi tapi juga kemenangan dan kebahagiaan seluruh masyarakat Kec. Kosambi.

“Alhamdulillah kami sangat bergembira dan berterimakasih karena berkat takdir Allah SWT Kecamatan Kosambi meraih sebagai juara umum MTQ tahun 2022. Semoga kedepannya kita bisa pertahankan generasi-generasi Qurani untuk terus tumbuh di Kecamatan Kosambi,” kata Camat Kosambi, Dadang Sudrajat.

MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Tangerang ditutup dengan meriah. Ribuan masyarakat tumpah ruah di Alun-alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang pada malam penutupan. Tak kalah seru adalah penampilan Gita KDI yang turut memeriahkan acara penutupan MTQ.

Berikut adalah urutan terbaik 10 besar MTQ ke 53 tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2023: Kec. Kosambi, Kronjo, Pakuhaji, Mekar Baru, Curug, Legok, Solear, Tigaraksa, Balaraja dan Kec. Sepatan.(Adv)