oleh

Cerita Orang Baik di Kabupaten Tangerang, Sediakan Puluhan Tabung Oksigen Untuk Warga Isoman Secara Gratis

TANGERANG, LENSAMETRO.com- Solidaritas sosial di masa pandemi covid-19 terus digalang oleh orang baik.

Salah satunya yang dilakukan oleh Ronald Angga Poernama (35).Pria ini menyediakan puluhan tabung oksigen beserta isinya untuk warga terpapar covid-19 yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman) secara cuma-cuma alias gratis.

Kepada lensametro.com, Ronald mengatakan, dirinya menyediakan tabung oksigen sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlaku di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga ;Begini Jurus Zaki Hadapi Kelangkaan Tabung Oksigen di Kabupaten Tangerang 

“Banyak warga Isoman yang mencari oksigen. Selain harganya mahal juga langka. Jadi saya inisiatif mencari ke sejumlah kawan. Mulai beli 2 tabung, 5 tabung dan akhirnya sekarang terkumpul 21 tabung oksigen ukuran 6 kubik,” ungkap Ronald Angga Poernama, Kamis (22/7/2021).

Kata Ronald, tabung oksigen yang dia beli tersebut kemudian diisi oksigen dan dipinjamkan secara gratis kepada warga Isoman yang membutuhkan.

“Setelah selesai Isoman warga mengembalikan. Dan kemudian dipinjamkan lagi, begitulah seterusnya. Tabung oksigen datang dan pergi,” ujarnya.

Ronald mengungkapkan, motivasinya membantu warga karena panggilan jiwa melihat banyaknya warga terpapar covid-19 yang kesusahan mencari oksigen di masa pandemi ini.

Baca Juga ; Catat! Begini Cara Kerja Satgas Oksigen Kabupaten Tangerang

“Saya berharap mafia tabung oksigen bisa sadar dan tidak seenaknya menjual dengan harga mahal,” tukas pria bertato ini.

Ronald Angga Poernama (kanan) penyedia tabung oksigen gratis bagi warga terpapar covid-19/Foto Ronald for Lensametro.com

Menurut Ronald, aksi sosialnya tersebut tidak sendirian. Karena ada sejumlah orang baik lainnya yang kemudian ikut berperan.

“Sebanyak 4 tabung oksigen dari 21 yang tersedia itu sumbangan dari donasi teman,” imbuhnya.

Lanjut Ronald, harga tabung gas ukuran 6 m3 (kubik)  yang ia sediakan saat ini sangat mahal di pasaran dengan harga Rp10 juta – Rp14 juta.

Baca Juga ; Jual Obat dengan Harga Mahal, Pemilik Apotek di Citra Raya Diringkus Polisi

Sedangkan harga regulator tabung oksigen saat ini di pasaran ditarif sekitar Rp2 juta.

“Kalau tabung oksigen yang saya punya, saya beli dari paling murah Rp3 juta dan paling mahal Rp6,5 juta, saya dapat dapat dari sejumlah kawan. Itu belum regulator,” katanya.

Tambah Ronald, tabung oksigen yang ia sediakan ternyata tidak hanya dipinjamkan ke warga Cikupa dan sekitarnya. Namun juga ada yang meminjamkan dari luar Kabupaten Tangerang seperti dari Jakarta, Depok, Cikarang dan Bekasi.

“Sampai saat ini sudah lebih dari 30 warga sudah kami bantu. Bahkan masih ada warga yang awal pinjam sampai sekarang masih dipakai belum dikembalikan,” tukasnya.

Berawal Dari Menyediakan Obat-Obatan

Pria kelahiran Jakarta yang besar di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang ini mengatakan, sebelum menyediakan tabung oksigen, dirinya terlebih dahulu menyediakan sejumlah obat-obatan untuk warga Isoman.

Obat-obatan tersebut seperti vitamin, antibiotik dan sejumlah obat-obatan lainnya yang harganya mahal bersama lonjakan covid-19.

Baca Juga ; Wanti-wanti Kesediaan Obat, Dewan: Jangan Cuma Woro-woro PPKM Darurat

“Melihat sejumlah obat-obatan langka dan mahal. Saya kemudian menyisihkan untuk membeli untuk disediakan ke warga Isoman,” katanya.

Ronald berharap apa yang ia lakukan bisa bermanfaat bagi warga. Selain itu, agar para mafia obat dan tabung gas oksigen sadar dan punya hati.

“Saya ingin semuanya bisa bergerak. Berbuat apa yang kita bisa. Agar para mafia yang memanfaatkan situasi ini bisa punya hati dan sadar,” imbuhnya.

Baca Juga ; Obat Langka dan Mahal, Wakil Bupati Tangerang Sarankan Masyarakat Konsumsi Rempah-rempah

“Semakin banyak yang melakukan solidaritas sosial tentu membuat para mafia atau penimbun keluar sendiri dan harga kembali normal seperti kasus masker tempo hari,” pungkas CEO Kafe Triple Jack ini. (joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed