KWT Anthurium Jadi Kampung Alfamart Sahabat Bumi

oleh -476 Dilihat
oleh
KWT Anthurium Jadi Kampung Alfamart Sahabat Bumi

KOTA TANGERANG| Lensametro.com-Alfamart meresmikan Kampung Alfamart Sahabat Bumi di Kelurahan Nambo Jaya Kec. Karawaci Kota Tangerang pada 29 November 2023. Peresmian ditandai dengan kegiatan Panen Bersama yang diikuti oleh warga sekitar.

Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi adalah program CSR berkelanjutan dari Alfamart di bidang lingkungan, yakni dengan memberdayakan kampung yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Anthurium ini adalah Kampung Alfamart Sahabat Bumi ke-lima selain yang sudah berjalan programnya di Kota Jakarta Selatan, Semarang, Yogyakarta dan Bandung. Dan dijalankan mulai awal 2023 kemarin.

“Tujuan kami adalah membentuk kampung yang mempunyai ekosistem sosio lingkungan ekonomi, dimana mereka punya kesadaran akan lingkungan yang lestari ternyata juga menunjang perekonomian sehari-hari,” jelas Rani Wijaya, Corporate Communications GM Alfamart.

4 Kelompok kegiatan yang akan berjalan sepanjang tahun 2023 di Kampung Alfamart Sahabat Bumi antara lain: pengurangan pemakaian plastik sekali pakai (reducing), daur ulang limbah menjadi barang baru yang bisa dimanfaatkan (recycling) , pemberdayaan masyarakat setempat untuk mengelola limbah (empowerment) dan penanaman pohon produktif (replanting).

“Pasti akan ada banyak kegiatan turunan saat pelaksanaan dari 4 kelompok kegiatan itu. Seperti fasilitas bank sampah, pembangunan rumah bibit, konservasi air, pengenbangan Rumah Kemas , dan sebagainya. Itu akan bervariasi sesuai kondisi dan kebutuhan di masing-masing kampung,” tambah Rani.

Yuliana Darmawan, Ketua KWT Anthurium mengatakan bahwa kampung anthurium antusias bisa diajak kerjasama dengan Alfamart untuk menjalankan program berkelanjutan semacam ini.

“Sebelumnya kami jalankan secara swadaya, namun sekarang dengan dukungan dari Alfamart kami jadi makin percaya diri, makin berkembang kampung ini sekaligus bawa manfaat pula untuk warga,” jelasnya. (ril)

No More Posts Available.

No more pages to load.