Komisi IX DPR: Peningkatan Kualitas SDM Papua Sangat Penting

oleh

JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI Mesakh Mirin menekankan pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua yang unggul untuk membangun provinsi tersebut. Hal itu diungkapkannya saat menjadi narasumber sosialisasi program Bangga Kencana di sanggar Saka Kencana di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (12/12/2020).

Bangga Kencana adalah program yang diluncurkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk meningkatkan kualitas keluarga. Melalui Bangga Kencana, diharapkan kualitas SDM Indonesia terus meningkat, salah satunya SDM di Papua.

“Inilah pentingnya berkolaborasi untuk membantu menyosialisasikan program BKKBN yang memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan bersama. Meningkatkan kualitas SDM Papua sangat penting agar bisa setara dengan daerah lain di Indonesia,” ungkap Mesakh Mirin.

Ia juga mengatakan, pembangunan sumber daya manusia itu terkait juga dengan bonus demografi yang akan dialami Indonesia hingga tahun 2045 mendatang.

Sementara Mila Rahmawati, Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat berharap kepada puluhan peserta yang hadir dapat menjadi motor penggerak dan mendukung program BKKBN ke depannya.

“Program Bangga Kencana tidak mungkin dapat dilakukan oleh BKKBN semata. Oleh karena itu dibutuhkan kebersamaan, dukungan, komitmen, kepedulian, partisipasi, dan kerja sama dari berbagai mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah,” kata Mila.

Dengan dukungan dan komitmen bersama, lanjut Mila, program Bangga Kencana bisa dirasakan manfaatnya oleh keluarga dan masyarakat secara luas.

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu yang juga merupakan perwakilan kampung KB. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 30 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Selain memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada peserta kegiatan sosialisasi sejumlah 30 paket, diberikan juga 720 paket bantuan sosial sembako yang akan didistribusikan ke penerima manfaat.