Jawab Kebutuhan Masyarakat, RSUD Kota Tangerang Terapkan Sistem Layanan Digital

oleh -200 Dilihat
oleh
Jawab Kebutuhan Masyarakat, RSUD Kota Tangerang Terapkan Sistem Layanan Digital

KOTA TANGERANG | Lensametro.com-, Menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang optimal, RSUD Kota Tangerang menerapkan sistem digital pada berbagai bidang layanan, termasuk pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Salah satu unit pelayanan pasien di rumah sakit yang sudah menggunakan sistem digital adalah pelayanan radiologi dengan teknologi Picture Archiving Communication System (PACS).

“PACS merupakan sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak (jaringan) yang digunakan untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, mendistribusikan hasil pemeriksaan radiologi,” kata dr. Avrlia Ekawati Sp.Rad, Senin (30/10/2023).

Dalam pelayanan radiologi di RSUD kota Tangerang untuk pemeriksaan CT Scan Abdomen,CT Scan Brain,CT Scan Thorax, sistem PACS didefiniskan sebagai sistem komunikasi dan penyimpanan data berupa gambar atau citra medis yang merupakan hasil dari pemeriksaan.

“Hal ini memungkinkan data untuk dikomunikasikan (ditampilkan) secara tepat, cepat dalam jangkauan yang luas serta bisa disimpan dalam jumlah banyak dalam jangka waktu lama,” ujar dr. Avrlia.

Lanjutnya, untuk kunjungan pasien pada pemeriksaan radiologi sekitar 2700 orang perbulan, dan untuk harian rata rata 100 orang

“Yang paling banyak photo ronsen dada , dari poliknik,” kata dia.

Lanjutnya, untuk PACS ini sudah terintegrasi dengan sistem Dengan adanya PACS, Rekam medis elektronik di RSUD Kota Tangerang semakin lengkap karena hasil radiologi (foto rontgen, USG, MRI, dll) bisa tersimpan didalam sistem terintegrasi bersama catatan pasien

“Manfaat lain yang dapat dilihat atas proses digitalisasi pelayanan radiologi adalah terkait produktivitas instalasi radiologi. Akibat alur kerja (work flow) lebih sederhana,” tambah dr. Avrlia.

Adopsi teknologi teleradiologi menjadi keuntungan sisi lain dari implementasi digitalisasi radiologi dengan integrasi PACS, Dokter ahli radiologi dapat melakukan interpretasi di tempat tinggalnya masing-masing. Pengembangan yang akan datang perlu juga dipikirkan agar dapat terintegrasi dengan system rujukan rumah sakit. sehingga apabila ada pasien yang dirujuk, maka data-data pemeriksaan di rumah sakit awal dapat dikirim, sehingga perawatan pasien lebih cepat, dan efisiensi (rilis).

No More Posts Available.

No more pages to load.