Hadir di Musrenbang Serpong, Ketua DPRD Tangsel Sebut Permasalahan Sampah Salah Satu Isu Utama

oleh -279 Dilihat
oleh
Hadir di Musrenbang Serpong, Ketua DPRD Tangsel Sebut Permasalahan Sampah Salah Satu Isu Utama

TANGSEL | Lensametro.com-, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Abdul Rasyid menyebut, persoalan sampah merupakan salah satu isu strategis yang harus mendapat perhatian khususnya di wilayah Kelurahan Serpong. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Musrenbang Kelurahan Serpong, Senin (15/1/2024).

“Isu-isunya ‘kan banyak, kalau (Kelurahan-red) Serpong itu ‘kan berkaitan dengan sampah,” ujar Abdul Rasyid.

Abdul Rasyid mengatakan, saat ini persoalan sampah masih menjadi problematik dan harus segera ditangani dengan perencanaan yang baik. Ia menambahkan, permasalahan sampah harusnya diselesaikan bersama bukan hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan, bahwa kita harus memiliki beberapa strategi kaitannya dengan kebijakan langkah strategis nasional yang berkaitan dengan 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan,” terangnya.

Dalam penguraian sampah itu, kata dia, sangat diperlukan adanya partisipasi masyarakat.

“Jadi 30 persen ini yang nanti kita dorong bagaimana keterlibatan masyarakat, partisipasi masyarakat. Nah tapi pemerintah juga harus hadir juga tuh. Kalau misalkan ada 1 kelurahan yang mampu mengurangi 30 persen dari tonase sampah di kelurahan tersebut, kasih dong penghargaan,” ungkapnya.

Dengan demikian dia mengharapkan, permasalahan sampah dapat ditangani bersama. Selain itu, ia mengatakan, diperlukan adanya pendataan yang baik untuk tolok ukur keberhasilan kebijakan

“Misalnya saja berkaitan dengan titik rawan banjir. Dari 40 yang terdeteksi, kini telah berkurang menjadi hanya 8 titik saja,” tambahnya.

Abdul Rasyid kembali menegaskan terkait pentingnya pendataan . Sebab, dengan adanya data, akan mempermudah menyusun kebijakan anggaran sehingga proses penanggulangan konkret dan komprehensif.

“Sehingga untuk menyelesaikan persoalan itu terukur. Kemudian akan mempermudah kita dalam membuat perencanaan dan mempermudah dari sisi kebijakan politik anggaran,” tandasnya. (Jody)

No More Posts Available.

No more pages to load.