Dua Orang Terkonfirmasi Terpapar Monkeypox di Tangsel

oleh -202 Dilihat
oleh
Dua Orang Terkonfirmasi Terpapar Monkeypox di Tangsel

TANGSEL | Lensametro.com-, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengkonfirmasi, ada dua pasien di Kota Tangsel yang terpapar Monkeypox atau cacar monyet

Dua pasien itu masih dalam proses penanganan di ruang isolasi sejak kasus terkonfirmasi terpapar Monkeypox.

“Tidak ada komorbiditas. Kondisi saat ini sudah ditangani, dilakukan isolasi. Tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat,” kata Allin, Selasa (31/10/2023).

Allin menerangkan, pasien yang terdata terkena Monkeypox diketahui berusia 24 tahun dan baru 10 bulan tinggal di Kota Tangsel. Identitas pasien itu pun masih menggunakan identitas luar wilayah Kota Tangsel.

“Kasus kedua, laki-laki domisili dan KTP Kota Tangerang Selatan, berusia 31 tahun,” ujarnya.

Allin mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit Monkeypox. Meski demikian, ia tetap meminta masyarakat untuk tidak panik.

“Masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Allin menjelaskan, penyakit Monkeypox merupakan emerging zoonosis yang disebabkan virus Monkeypox. Kata dia, penyakit ini bersifat ringan, gejala yang berlangsung sekitar 2-4 minggu. Namun dapat berkembang menjadi berat hingga menyebabkan kematian.

“Penularan penyakit Monkeypox itu dapat melalui droplet, kontak langsung dengan lesi dan cairan tubuh termasuk benda terkontaminasi,” terangnya.

Dia meminta masyarakat untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala Monkeypox. Hal itu agar dapat segera mendapatkan penanganan medis.

“Pemkot Tangsel saat ini sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada tenaga kesehatan dan meminta masyarakat tetap tenang mengenai penyakit Monkeypox,” tandasnya. (Jody).

No More Posts Available.

No more pages to load.