Dinilai Lecehkan Supporter ‘Violanita’ Persita, Komentator Shopee Liga 1 Tuai Kecaman

oleh

TANGERANG; LENSAMETRO- Komentator Sepakbola siaran langsung Shopee Liga 1 2020 Rama Sugianto menuai kecaman lantaran dinilai lecehkan ‘Violanita’ (sebutan supporter wanita Persita Tangerang) saat laga Persita Tangerang vs PSM Makasar, Jumat (06/03/2020).

Seorang komentator sepakbola tersebut diketahui bernama Rama Sugianto yang sedang melakukan siaran langsung bersama rekannya Erwin Fitriansyah.

Berdasarkan video yang viral di media sosial, Rama dinilai melakukan pelecehan secara verbal. Hal itu bermula ketika kamera menyorot salah satu tribun penonton di Stadion Sport Center, Kelapadua, Kabupaten Tangerang yang didominasi suporter perempuan dari Persita.

Rama mengeluarkan komentar yang dianggap tak etis dan dinilai pelecehan terhadap Violanita. “Sementara kita lihat ada sesuatu yang menonjol tapi bukan bakat. Ada yang besar tapi bukan harapan, apa itu Bung Erwin,” ucap Rama Sugianto.

“Perempuan-perempuan ini ya yang menghiasi tribun,” balas Erwin.

Tak ayal komentator sepakbola tersebut ramai diperbincangkan di jagat Twitter dengan tagar  #Pelecehan dan #Komentator yang memuncaki trending topic, Minggu (8/3/2020).

Ketua Askab PSSI Kabupaten Tangerang H. Eka Wibayu ikut menanggapi komentator yang dinilai melecehkan supporter perempuan Persita Tangerang tersebut.

Kata Eka, sebaiknya seorang komentator bertugas mengomentari pertandingan, serta oleh orang yang mumpuni pengetahuan dan wawasan tentang sepakbola.

“Sehingga pengamatan dan analisanya jelas terhadap individu pemain atau tim yang sedang bertanding, bukan malah mengomentari hal-hal yang kurang pantas untuk disampaikan,” ujar Eka Wibayu kepada lensametro.com, Minggu (08/03/2020) malam.

Ia berharap, agar pihak dari Shopee Liga 1 memberikan peringatan kepada komentator tersebut. “Saya pikir perlu diklarifikasi kepada yang berwenang untuk memberikan peringatan agar hal ini tidak terulang,” tegasnya.

Surya, salah satu penggiat olahraga Kabupaten Tangerang berharap komentator sepakbola yang telah menyulut emosi para supporter segera dievaluasi oleh pihak Shopee Liga 1 2020.

“Perlu dievaluasi tuh! karena ucapannya tidak layak. Masih profesional komentator sepakbola tarkam,” ketus Ketua Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Panongan ini.

Dengan viralnya video yang dinilai lecehkan supporter perempuan ini, pihak dari Shopee Liga 1 dan menajemen O Channel sebagai pihak yang menayangkan siaran langsung laga Persita vs PSM Makasar meminta maaf.

Selain itu, Rama Sugianto juga telah meminta maaf melalui Twitter dan mengaku hanya bercanda.

“Mohon maaf sekali lagi jika bercanda saya sangat berlebihan.. ini jadi pelajaran berharga tentunya untuk saya ke depannya. insyallah ini tidak akan terulang ke depannya,” tulis Rama di akun Twitternya @rama_sugianto, Minggu, 8 Maret 2020.

Sementara, salah satu supporter sepakbola Persita Tangerang Mahful Ichsan mengaku geram saat melihat video yang memperolok supporter perempuan Persita.

“Becanda komentatornya enggak lucu, tindakan bullying,” pungkasnya.(joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.