Dinilai Berhasil Tekan Angka Kemiskinan, Kota Tangerang Jadi Lokus Peserta Diklatpim Nasional

oleh -175 Dilihat
oleh
Dinilai Berhasil Tekan Angka Kemiskinan, Kota Tangerang Jadi Lokus Peserta Diklatpim Nasional
photo:istimewa

Lensametro.com,- Prestasi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam urusan pengurangan angka kemiskinan ekstrem menjadikan Kota Tangerang ditunjuk sebagai lokasi fokus peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Nasional tingkat II untuk belajar tentang strategi pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menerima langsung kunjungan 30 peserta pelatihan kepemimpinan nasional yang merupakan pejabat tinggi pratama dari berbagai daerah di Indonesia.

“Pengentasan kemiskinan tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan satu instansi saja, namun perlu campur tangan banyak OPD melalui program yang bisa dilakukan di setiap OPD,” terang Arief dalam acara Visitasi Kepemimpinan Nasional Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan V Tahun 2023 di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (17/10).

Di Kota Tangerang, beber wali kota, pengentasan kemiskinan dilakukan dengan intervensi Pemkot Tangerang mulai dari bidang pendidikan, perbaikan tempat tinggal, hingga memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat.

“Diawali dengan perbaikan tempat tinggal melalui program bedah rumah, sejak 2014 hingga 2023 sebanyak 8.182 rumah tidak layak huni sudah dibedah. Lalu Bidang Pendidikan, Pemkot Tangerang menggratiskan biaya pendidikan di 146 SD dan SMP swasta,” beber Arief.

Tak berhenti di situ, Arief, juga memaparkan program perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat melalui program bursa kerja yang rutin diselenggarakan, baik yang secara daring maupun tatap muka.

“Kita tambah pelatihan jemput bola kepada masyarakat secara mobile melalui program mobil Pelatihan Praktek Kerja (Si Praja),” jelasnya.

Pada acara yang sama, Kepala BPSDMD Provinsi Banten, Untung Saritomo, yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan sejumlah alasan dipilihnya Kota Tangerang sebagai lokasi fokus pelatihan kepemimpinan nasional.

“Salah satunya keberhasilan dalam menekan angka kemiskinan ekstrem dari 1,61 % menjadi 0,75 % di tahun 2022,” tutur Untung.

Selain itu, lanjut Kepala BPSDMD, berbagai program yang dimiliki oleh Pemkot Tangerang diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta diklat dalam pengentasan kemiskinan.

“Semoga nantinya bisa menjadi bahan bagi peserta diklat untuk mengimplementasikan di daerahnya masing-masing,” tukas Untung.(rill)

No More Posts Available.

No more pages to load.