Diduga Kampanye Libatkan Anak-anak, Caleg Golkar Dipanggil Panwascam Serpong Utara

oleh -455 Dilihat
oleh
Diduga Kampanye Libatkan Anak-anak, Caleg Golkar Dipanggil Panwascam Serpong Utara

TANGSEL | Lensametro.com-, Panwascam Serpong Utara, Kota Tangsel, memanggil Caleg Partai Golkar Peter Abdul Karim atas dugaan pelanggaran Pemilu.

Ketua Panwascam Serpong Utara, Entus Saefudin mengatakan, Peter Abdul Karim dipanggil atas dugaan pelanggaran terkait kampanye yang melibatkan anak-anak di wilayah Jelupang pada Rabu (20/12/2022).

“Ya di sini Peter dipanggil atas dugaan pelanggaran terkait adanya beberapa anak kecil dalam kegiatan kampanye,” Kata Entus kepada wartawan, Selasa (26/12/2203).

Kejadian itu, ujar Entus terjadi pada saat Peter Abdul Karim yang menjabat sebagai Ketua Pengurus Partai Golkar Kecamatan Serpong Utara untuk kampanye yang dilakukan oleh Caleg DPR RI berinisial ARD. Ia menerangkan, selain anak kecil, juga ada keterlibatan Ketua RT dalam kampanye itu.

“Adanya anak kecil dan keterlibatan satu orang RT dalam kampanye ARD,” jelasnya.

“Itu sih yang di pemberian keterangan pada hari ini kita memanggil saudara Peter Abdul Karim,” Entus menambahkan.

Entus menjelaskan, dalam kampanye tersebut ada dugaan pelanggaran sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 yang mengatur larangan pelibatan anak dalam kegiatan kampanye.

“Kemudian dengan adanya RT/RW kita berkaitan dengan Permendagri Momor 18 dan Perwal Nomor 103 terkait dengan perangkat daerah artinya netralitas perangkat daerah,” ujar dia.

Entus memaparkan, Panwascam akan mengkaji terkait hasil yang disampaikan oleh Peter Abdul Karim. Selanjutnya, akan diadakan rapat pleno terkait dengan kajian yang akan disampaikan dan akan dibuatkan berita acara dari hasil kajian.

“Kemudian nanti kita akan putuskan apakah nanti masuk ke ranah pelanggaran untuk ditindaklanjuti, atau memang tidak ditindaklanjuti karena kekurangan persyaratan atau kekurangan formil dan materilnya,” ucap Entus.

Ia menyampaikan, pihaknya menerima surat pemberitahuan bahwa dugaan pelanggaran tersebut terjadi saat kampanye Caleg DPR RI, ARD.

“Ya dia sebagai terklarifikasi saja pemberi keterangan, karena beliau juga hadir pada saat itu karena memang beliau Ketua Pengurus Kecamatan Partai Golkar Kecamatan Serpong Utara. Dia yang mengklarifikasi,” tutur Entus.

Sementara itu, Peter Abdul Karim menyampaikan, terkait keterlibatan anak-anak dalam kampanye ARD sebenarnya sudah dikondisikan.

“Sudah kita clear-kan cuma ada yang masuk gitu aja dan sudah kita klarifikasi,” terang Peter.

Peter juga mengakui kejadian itu di Jelupang.

“Ya memang acara kampanye sebetulnya sebelumnya sudah kita kondisikan sebelum acara, pas acara ibu-ibu antusias dengan calonnya,” tukas Peter. (Jody).

No More Posts Available.

No more pages to load.