BKPSDM Latih Operator Adminduk

oleh -233 Dilihat
oleh
BKPSDM Latih Operator Adminduk
photo:istimewa

Lensametro.com,- TANGERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pelatihan Teknis Dasar Penggunaan Komputer dan Aplikasi Microsoft Office kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat Kecamatan di Ruang Rapat Bola Sundul Kabupaten Tangerang, Senin (16/10/2023).

Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Pelatihan Teknis Dasar Penggunaan Komputer dan Aplikasi MS Office Tahun Anggaran 2023 ini dilaksanakan melalui Pola Fasilitasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Banten Dengan Pola Pembelajaran secara Blended Learning.

Para peserta pelatihan adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan target peserta para Pengadministrasi Kependudukan Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, pengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (operator SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan para administrasi yang bertugas di Kecamatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hendar Herawan menjelaskan, Pelatihan Teknis Dasar ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang terkait pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh PNS di lingkup Kecamatan.

“Beberapa bulan yang lalu terdapat kebijakan dari Pemerintah Daerah
Kabupaten Tangerang untuk merekrut PNS Kecamatan yang biasa melayani administrasi kependudukan dalam rangka kepanjangan tangan atau merupakan kepanjangan tangan dari PNS Kependudukan dan Pelayanan Sipil yang tujuannya adalah lebih mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil),” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada dasarnya para pelaksana pelayanan kependudukan di Kecamatan belum optimal dalam menggunakan komputer terutama pada Aplikasi Microsoft Office.

“Program yang dikeluarkan ini sangat membantu masyarakat, namun jika para pelaksananya belum optimal dalam pengoperasian komputer itu juga merupakan kesulitan bagi kami semua, terlebih para pelaksana bukan merupakan generasi milenial maka mereka merasa kesulitan dan membutuhkan Pelatihan Teknis Dasar ini,” jelasnya.

Hendar Herawan juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut bisa mempermudah dalam melaksanakan kebijakan pemerintah yaitu one big data, terutama one big data kependudukan.

“Karena semua pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah itu berawal dari penduduk yang ada di Indonesia, tentunya pencatatan administrasi kependudukan harus benar-benar objektif dan harus benar-benar update,” harapnya.

Sebagai informasi  Pelatihan Teknis Dasar Penggunaan Komputer dan Aplikasi Microsoft Office kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat Kecamatan dilaksanakan mulai dari 16-31 Oktober 2023 dan dilakukan secara online melalui zoom meeting dengan total peserta 40  orang.(rill)

No More Posts Available.

No more pages to load.