BKKBN dan Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Program Bangga Kencana ke Mahasiswa Papua di Jakarta

oleh

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat bersama anggota Komisi IX DPR RI menggelar Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana di Asrama Yahukimo yang berlokasi di Jakarta Timur, Rabu, 9 Desember 2020.

Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat, Mila Rahmawati mengatakan, meski di tengah pandemic Covid-19, perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional tetap memberikan edukasi tentang program Bangga Kencana.

“Dengan mengoptimalkan peran masyarakat beserta mitra kerja, BKKBN terus siaga untuk menghadapi wabah virus Covid-19 ini. Kami berharap mampu mengubah perilaku masyarakat dalam pencegahan Covid-19,” ungkapnya saat kegiatan yang dihelat di Asrama Yahukimo, Jalan Masjid Condet No. 25A. Jakarta Timur, Rabu, 9 Desember 2020.

Sosialisasi tersebut juga menerapkan protokol Kesehatan secara ketat. Sebanyak 30 peserta yang hadir diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak antar peserta.

Peserta yang hadir dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Papua yang berdomisili dan mengenyam pendidikan di DKI Jakarta.

“Sosialisasi ini merupakan langkah nyata yang dilakukan untuk mendekatkan program dengan masyarakat dan menghadirkan peran BKKBN di tengah keluarga Indonesia,” tambahnya.

Mila juga menekankan, pendidikan sangat penting. Ia berharap mahasiswa Papua yang tinggal di Ibukota Jakarta dapat membaur dengan masyarakat di lingkungannya sehingga dapat bertukar ilmu dan pengalaman dengan masyarakat lain yang ada di pulau Jawa.

Senada anggota Komisi IX DPR RI Mesakh Mirin yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, mahasiswa Papua harus giat belajar sehingga dapat bersaing secara akademik dengan mahasiswa dari daerah lain. Prestasi yang didapatkan akan menjadi kebanggaan keluarga, juga daerah asal.

“Kita harus terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sehingga mampu bersaing di era sekarang ini,” katanya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini dibagikan paket bantuan sosial berupa sembako kepada peserta. Selain untuk peserta yang hadir, BKKBN bersama Mitra kerja Komisi IX juga menyiapkan bantuan paket sembako sejumlah 970 paket yang akan dibagikan kepada mahasiswa Papua yang berada di wilayah Jakarta Timur dan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. (*)