oleh

PA-GMNI: Demokrasi Politik Harus Sejalan Dengan Demokrasi Ekonomi

TANGERANG, LENSAMETRO.com- Demokrasi hakekatnya kedaulatan rakyat dan berada di tangan rakyat.

Namun, demokrasi politik di dewasa ini cenderung melahirkan raja-raja di sejumlah daerah. Baik di legislatif maupun di eksekutif.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA-GMNI) Kabupaten Tangerang Juanda pada acara sosialisasi pemuktahiran data pemilih berkelanjutan bersama KPU Kabupaten Tangerang, Rabu (5/5/2021) petang.

“Demokrasi politik harus sejalan dengan demokrasi ekonomi. Agar tidak terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi,” tegasnya.

Menurut Juanda, demokrasi ekonomi sangatlah penting agar kepercayaan rakyat meningkatbterhadap hasil dari demokrasi politik, baik di tingkat pusat, daerah, DPR dan DPRD.

“Demokrasi politik melahirkan pemimpin, sedangkan demokrasi ekonomi menghendaki kehendak hak-hak ekonomi rakyat sesuai dengan ajaran proklamator Soekarno,” tegas pria yang biasa disapa Joe ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tangerang M Ali Zaenal Abidin memaparkan tentang sejumlah inovasi yang telah dijalankan oleh KPU Kabupaten Tangerang agar proses Pemilu di Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan demokrasi.

“Pemuktahiran data pemilih berkalanjutan untuk menjaga demokrasi. Artinya agar setiap warga bisa ikut berpartisipasi di setiap hajat Pemilu,” ucapnya.

Aplikasi WhatsApp Siwareng KPU Kabupaten Tangerang/ist

Lebih lanjut Ali mengatakan, pihaknya telah meluncurkan sejumlah aplikasi yang mempermudah warga Kabupaten Tangerang untuk berperan aktif.

“Pemilih yang sudah memiliki hak pilih yang belum terdaftar bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi yang sudah kami siapkan,” tegasnya.

Menurut Ali, untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan/tanggapan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dibuka layanan melalui portal website https://pdpb.kpu-tangerangkab.go.id/ serta layanan Siwareng tentang Aplikasi Whatsapp Responsif Tangerang.

“Aplikasi tersebut dapat diakses selama 24 jam dengan cara ketik INFO kirim ke nomor 0811-990-6667 dan langsung dijawab secara otomatis,” tandasnya. (dir/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed