oleh

Begini Jurus Zaki Hadapi Kelangkaan Tabung Oksigen di Kabupaten Tangerang

TANGERANG, LENSAMETRO.com- Lonjakan covid-19 dengan kelangkaan tabung oksigen dalam tabung direspon cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar  membentuk Satuan Tugas (Satgas) Oksigen, Rabu (14/7/2021).

“Satgas Oksigen memiliki tugas khusus menyediakan oksigen dalam tabung, kemudian menyalurkannya ke rumah sakit dan puskesmas yang merawat pasien covid-19 di Kabupaten Tangerang,” ujar Zaki.

Baca Juga ; Petugas Pemakaman Covid-19 di TPU Buniayu Kewalahan, Pemkab Tangerang Gunakan Alat Berat

Dalam mengejawantahkan jurus penanganan kelangkaan oksigen tersebut. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan Satgas Oksigendi kantor pusat Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR).

Perusahaan ‘plat merah’ itu ditunjuk Pemkab Tangerang menjadi koordinator Satgas Oksigen.

“Oksigen dan tabung oksigen ini adalah CSR dari BUMD di Kabupaten Tangerang yang dikoordinir oleh Perumdam Tirta Kerta Raharja,” ujar Zaki.

Sedikitnya ada lima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang tergabung dalam Satgas tersebut, yaitu Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR), Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, PT LKM Artha Kerta Raharja, PT BPR Kerta Raharja Gemilang, dan PT Mitra Kerta Raharja.

Baca Juga ;Demo Pedagang Pecah di Pasar Cisoka, ini Pemicunya

Papar Zaki, saat ini Satgas sudah mampu menyediakan sebanyak 71 oksigen dalam tabung yang terdiri dari enam tabung ukuran 1 meter kubik, dan 55 tabung ukuran 6 meter kubik.

“Targetnya 200 tabung. Mudah-mudahan dapat tercapai dan segera akan diisi oksigen, dan akan diberikan kepada fasilitas kesehatan yang membutuhkan,” tambahnya.

Zaki juga mengapresiasi BUMD di Kabupaten Tangerang yang telah bergerak cepat menyediakan tabung oksigen tersebut di tengah kelangkaan saat ini.

“Ini adalah hasil gotong royong BUMD di Kabupaten Tangerang dan Pemda Kabupaten Tangerang untuk membantu ketersediaan oksigen dan tabung oksigen baik bagi rumah sakit, Puskesmas, maupun klinik-klinik kesehatan yang membutuhkan,” jelasnya.

Baca Juga ;Wanti-wanti Kesediaan Obat, Dewan: Jangan Cuma Woro-woro PPKM Darurat

Zaki juga memastikan ketersediaan oksigen di Kabupaten Tangerang masih mencukupi, hanya saja tabung oksigennya yang masih perlu terus ditambah.

Sementara, Koordinator Satgas Oksigen Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar mengatakan, saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan dua provider untuk pengisian oksigen tersebut dengan kemampuan isi ulang sebanyak 30 tabung per hari.

“Setelah oksigen dalam tabung tersebut habis, kami langsung mengambilnya untuk diisi ulang,” katanya.

Pria yang juga Direktur Utama Perumdam TKR tersebut menambahkan, Satgas akan terus berkiprah sampai kelangkaan oksigen di rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten Tangerang teratasi oleh pemerintah.(ris/joe)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed